4 Aplikasi Kamera iPhone Bergaya Vintage Biar Fotomu Makin Kece

Indri Penulis

Lagi cari aplikasi kamera iPhone bergaya vintage terbaik? Kamu bisa coba beberapa aplikasi ini biar hasil fotomu terlihat makin kece.

Upload foto ke media sosial zaman sekarang sudah menjadi kebiasaan sebagian orang. Demi bisa mempercantik foto dan membuatnya terlihat estetik, tak sedikit orang menggunakan bantuan aplikasi edit foto seperti Adobe Lightroom, VSCO, dll.

Tapi kalau kamu lebih menyukai foto bergaya vintage, mungkin kamu bisa mempertimbangkan beberapa aplikasi ini. Aplikasi-aplikasi yang bakal saya rekomendasikan ini akan membantumu mendapatkan foto vintage dengan berbagai cara. Ada yang bisa kamu dapatkan secara instan, dan ada juga yang harus menunggu hasilnya selama berhari-hari. Pokoknya kamu bisa pilih sesuai selera deh.

Huji Cam

Huji Cam bakal mengajakmu rekreasi ke tahun 1990-an. Aplikasi ini bakal menyajikan simulasi film yang cukup meyakinkan dengan efek light leaks, pinggiran warna, serta tampilan warna kontras secara keseluruhan. Aplikasi ini bakal mengingatkanmu pada ISO 400 murah.

Aplikasi ini tersedia secara gratis dan berbayar (mulai dari $1). Kalau kamu menggunakan versi gratisan, kamu hanya bisa memotret gambar dengan Huji Cam. Kamu nggak bisa mengimpor gambar dari galeri dan mengeditnya. Kamu juga nggak bisa mengedit gambar hasil jepretan kamera Huji Cam.

Gudak

Boleh dibilang Gudak adalah aplikasi terunik di dalam daftar ini. Kenapa? Pasalnya aplikasi ini bakal memberimu sensasi asli layaknya merekam film di zaman dulu. Tak hanya sensasi dari efek vintage-nya, namun juga lamanya waktu tunggu untuk melihat hasilnya.

Gudak akan merekam rol film virtual, dan kamu akan mendapatkan 24 eksposur dalam setiap rol. Ketika kamu menyelesaikan satu rol, kamu harus menunggu satu jam sebelum bisa menjepret gambar baru. Sementara untuk melihat hasil jepretanmu, tekan tombol “Develop” dan tunggulah selama 3 hari (serius, memang selama itu).

Kenapa harus menunggu selama itu? Developer Gudak ingin agar penggunanya tidak ingat persis dengan apa yang mereka potret. Jadi developer benar-benar lebih menekankan pengalaman fotografi, di samping hasil akhirnya.

KD Pro

KD Pro adalah aplikasi kamera vintage yang cocok buatmu pecinta hal-hal ‘gratisan.’ Aplikasi ini menyajikan tiga filter yang bisa kamu pilih sesuai selera yakni Kudak (Kodak), Kujifilm (Fujifilm) dan preset hitam putih. Kalau mau, kamu juga bisa mengaktifkan watermark tanggal dan light leaks.

Menariknya, di aplikasi KD Pro kamu juga bisa memilih waktu pengembangan sesuai selera. Misalnya kamu ingin mengembangkan foto secara instan, satu jam atau sehari.

Hipstamatic X

Sekilas, aplikasi Hipstamatic X terlihat mirip dengan Huji Cam. Aplikasi ini dikemas dengan filter, preset dan pengaturan kamera yang akan membuat gambarmu terlihat seperti berasal dari tahun 1980-an atau 1990-an.

Walaupun aplikasi ini lebih ditujukan buat pemula, namun fotografer pro juga bisa memuaskan diri mereka pakai aplikasi ini. Pasalnya Hipstamatic X menyajikan dukungan untuk mengedit cahaya, warna, fokus, dll.

    %d blogger menyukai ini: