Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Rekomendasi Aplikasi Kreativitas Portabel untuk Perangkat Windows

Indri Penulis

Kamu nggak bisa instal program di komputermu? Tenang aja. Kamu bisa coba beberapa aplikasi kreativitas portabel untuk Windows berikut ini.

Apakah kapasitas komputer atau laptopmu sudah hampil full? Wah, sayang banget ya. Padahal kamu mungkin perlu menginstal aplikasi baru untuk menunjang kreativitas.

popculture.id

Tapi nggak perlu khawatir. Untungnya zaman sekarang sudah ada banyak aplikasi portabel. Ya, sesuai namanya, aplikasi portabel memungkinkan kamu menggunakan aplikasi yang ‘nggak perlu diinstal ke komputer.’

Kamu cukup menyimpan aplikasi tersebut di flashdisk atau media penyimpanan eksternal lainnya, hubungkan perangkat tersebut ke komputer, dan tada.. Aplikasi siap dipakai seperti biasa.

Kali ini saya akan merekomendasikan beberapa aplikasi kreativitas portabel yang cocok buatmu pengguna komputer Windows. Kalau begitu langsung aja simak ulasannya ya!

Snipaste

Screenshot mungkin sering dipandang sebagai aktivitas sepele. Tapi kalau dalam pekerjaan atau aktivitasmu yang lain kamu sering mengambil screenshot (misal ambil screenshot gambar, dokumen, browser, dll), mungkin kamu bisa coba Snipaste.

Snipaste adalah aplikasi yang fitur utamanya buat mengambil screenshot. Cuma bedanya, aplikasi menawarkan tools / metode pengambilan screenshot yang lebih beragam dibanding aplikasi tangkapan layar default Windows.

Selain itu untuk pengoperasiannya, kamu cukup menggunakan tombol keyboard sehingga gampang dan cepat. Nggak perlu bingung cara pakainya, karena aplikasi ini bakal langsung menunjukkan petunjuk shortcut di layar.

Ghostwriter

Ghostwriter adalah editor teks yang menggunakan syntax Markdown. Setiap file yang dibuat oleh Ghostwriter adalah file teks biasa yang bisa diedit dengan mudah, walaupun nggak ada aplikasi Ghostwriter yang terinstal di OS apapun.

Lebih lanjut, Ghostwriter menyajikan platform penulisan yang lebih santai dan bebas gangguan. Aplikasi ini menawarkan mode layar penuh dan tampilan antarmuka yang bersih.

PhotoDemon

PhotoDemon adalah aplikasi yang menawarkan banyak sekali fitur untuk program edit foto portabel. Aplikasi ini bisa kamu manfaatkan untuk memodifikasi gambar secepat kilat, menambahkan teks, melihat metadata, dan bahkan aplikasi ini juga bisa kamu pakai buat mengambil screenshot lho.

ShotCut

ShotCut adalah salah satu aplikasi editor video terbaik yang ada saat ini. Menariknya, versi portabel dari aplikasi ini juga sama dengan versi aslinya.

ShotCut versi portabel tetap menawarkan kemampuan untuk mengedit file film dengan cepat walaupun kamu sedang bepergian, dan tentunya kamu nggak perlu melakukan instalasi aplikasi di komputer.

TAudioConverter

TaudioConverter adalah aplikasi konversi audio portabel yang sangat kuat. Lewat aplikasi ini, kamu nggak cuma bisa mengonversi file ke berbagai format musik, tapi kamu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur lain seperti pemangkasan, normalisasi, kliping, modifikasi saluran, dll.

Blender Portable

Blender Portable, sesuai namanya, aplikasi ini adalah versi portabel dari Blender. Buat kamu yang belum tahu, Blender adalah aplikasi 3D grafis komputer open source yang memungkinkan penggunanya untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, dll.

Nah, Blender Portable ini adalah versi aplikasi yang bisa kamu angkut kemana aja pakai flashdisk / hardisk eksternal.

Baiklah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi kreativitass portabel. Beberapa aplikasi tersebut bakal mempermudah hidupmu, karena mereka bisa dibawa pindah ke mana aja.

    %d blogger menyukai ini: