Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

16 Aplikasi Malware Penguras Baterai di HP Android, Segera Hapus!

aplikasi malware penguras baterai
Sumber: WeLifeSecurity
Indri Penulis

Ada 16 aplikasi malware penguras baterai di HP Android yang baru-baru ini viral. Cek di sini siapa tau ada aplikasi tersebut di HP kamu guys!

Sebagai pengguna HP Android, kita tentu terbiasa mengunduh aplikasi dari Google Play Store ya. Apalagi Play Store memang gudangnya aplikasi-aplikasi Android mulai dari yang gratisan sampai berbayar.

Selama ini mungkin kebanyakan pengguna Android mengira kalau aplikasi-aplikasi di Play Store sudah aman. Artinya aplikasi tersebut bebas virus atau malware.

Nyatanya tidak seperti itu lho. Pasalnya selama ini telah ada berbagai aplikasi di Play Store yang ketahuan berbahaya. Ada aplikasi yang diam-diam menyimpan virus, malware, dsb.

Nah baru-baru ini, jagat dunia maya lagi-lagi dihebohkan dengan penemuan berbagai aplikasi malware Android. Tidak tanggung-tanggung, aplikasi tersebut disebut-sebut bisa menguras baterai lho!

Buat kamu yang was-was mendengar kabar ini, nggak perlu khawatir. Saya akan kasih tahu daftar 16 aplikasi malware penguras baterai di HP Android dalam ulasan di bawah ini. Yuk, langsung aja simak sampai selesai.

16 Aplikasi Malware Penguras Baterai di HP Android

Aplikasi-aplikasi tersebut ditemukan oleh peneliti keamanan siber dari McAfee. Peneliti itu juga sudah memberikan konfirmasi ke Google.

Nah ternyata yang bikin geleng-geleng, aplikasi-aplikasi ini nggak cuma menguras baterai. Tapi aplikasi-aplikasi tersebut ternyata bisa menguras paket data juga.

aplikasi malware penguras baterai
Sumber: Digital Information World

Tidak berhenti sampai di situ saja. Aplikasi-aplikasi di bawah ini juga dirancang supaya terlihat seperti utilitas. Contohnya ada yang didesain mirip senter, pemindai kode QR, Task Manager, kamera, dll.

Biar kamu nggak penasaran, inilah daftar aplikasi malware penguras baterai di HP Android:

  • High-Speed Camera
  • Smart Task Manager
  • Flashlight+
  • K-Dictionary
  • BusanBus
  • Flashlight+
  • Quick Note
  • Currency Converter
  • Joycode
  • EzDica
  • Instagram Profile Downloader
  • Ez Notes
  • Flashlight+
  • 손전등
  • 계산기
  • 달력메모장

Nah pertanyaannya, bagaimana kalau kita sudah terlanjur memasang aplikasi-aplikasi di atas? Yah, satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah mencopot pemasangan aplikasi tersebut, Urban People.

Pasalnya peneliti siber McAfee bilang kalau aplikasi tersebut akan tetap menginfeksi HP ‘walaupun tidak digunakan.’ Satu-satunya cara untuk memberantas efek buruk aplikasi tersebut adalah mencopot pemasangannnya dari HP.

Kenapa bisa begitu? Karena aplikasi-aplikasi di atas bisa bekerja di latar belakang. Itu artinya walaupun kita tidak membuka/menggunakan mereka, aplikasi tersebut tetap bisa melancarkan aksinya.

Setelah Anda menghapus ini dan aplikasi berbahaya lainnya, Anda bisa mengharapkan waktu baterai yang lama. Anda juga akan melihat pengurangan penggunaan data seluler sambil memastikan bahwa data sensitif dan pribasi Anda dilindungi dari ini dan jenis ancaman lainnya,” kata SangRyol Ryu dari McAfee.

1. Bagaimana Cara Mengetahui Aplikasi Malware Berbahaya?

Setelah membaca data di atas, kamu mungkin merasa ngeri. Soalnya aplikasi-aplikasi berbahaya di atas punya penampilan dan aktivitas yang ‘sangat menipu.’ Sehingga penggunanya bisa dikelabuhi dengan mudah.

Lalu adakah cara mengetahui aplikasi malware? Tetap ada kok. Mungkin kamu bisa mempraktikkan beberapa tips dari saya berikut ini.

  • Buka aplikasi Google Play Store.
  • Setelah itu profil yang ada di pojok kanan atas layar.
aplikasi malware penguras baterai
  • Selanjutnya klik fitur “Play Protect.”
aplikasi malware penguras baterai
  • Terakhir klik tombol “Pindai.”

Setelah itu perangkatmu akan mulai memeriksa malware yang mungkin bersarang di Android. Kalau HP-mu menemukan aplikasi berbahaya, Play Store akan menampilkan opsi untuk menghapus aplikasi tersebut.

2. Cara Menghilangkan Malware di HP Android

Ada berbagai cara untuk memberantas malware yang sudah terlanjur menginfeksi HP Android. Cara yang bisa dilakukan pengguna Android antara lain:

  1. Mulai ulang HP dalam safe mode atau mode aman.
  2. Copot pemasangan semua aplikasi yang kamu anggap mencurigakan.
  3. Hilangkan iklan pop-up dan pengalihan antara browser-mu.
  4. Segera delete unduhan yang kamu download selama ini.
  5. Terakhir, instal aplikasi anti-malware di HP Android.

Oke Urban People, itu dia daftar aplikasi malware penguras baterai di HP Android. Saya juga sudah membocorkan tips mengetahui aplikasi malware di HP Android, dan cara menghilang malware di Android.

Saran saya setelah kamu membaca panduan ini, mending cepat hapus aplikasi-aplikasi di atas. Kemudian terapkan tips yang saya berikan supaya malware yang ada di HP-mu benar-benar hilang sampai ke akar-akarnya.

Kamu tentu nggak mau kan, kalau baterai HP tiba-tiba boros? Ditambah lagi paket data baru diisi kemarin, eh tiba-tiba udah kesedot sama aplikasi abal-abal.

Jika kamu ingin kasih masukan, kritik atau saran terkait artikel ini, kamu bisa sampaikan ke email [email protected] Atau kamu juga bisa meninggalkan pesan cinta di kolom komentar. ^_^


Oya, jangan lupa baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Seperti artikel seputar tutorial, media sosial, game, dll dari Indri. Jangan sungkan juga untuk meninggalkan komentar di artikel saya atau teman-teman yang lain.


Sumber: