Nggak Beda Jauh, Inilah Deretan Aplikasi yang Mirip TikTok

TikTok menjadi salah satu aplikasi terpopuler akhir-akhir ini. Saking populernya, bahkan sampai ada aplikasi yang dibuat supaya mirip TikTok lho.

Popularitas TikTok tidak perlu diragukan lagi. Kalau di awal kemunculannya pemain TikTok dicap β€˜alay,’ maka berbeda dengan saat ini.

Sekarang hampir semua orang bermain TikTok. Pemain TikTok pun tidak pandang usia, gender dan status sosial. Saking populernya TikTok, beberapa pengembang mencoba membuat aplikasi yang mirip dengan TikTok.

Daftar Aplikasi yang Mirip TikTok

Zynn

Sumber Gambar : Xueqiu

Zynn adalah aplikasi pembuat video pendek yang mirip sekali dengan TikTok. Selain membuat video pendek, kalian juga bisa mengedit video dengan lagu, animasi atau efek keren lainnya.

Layaknya TikTok, Zynn juga menyediakan akses untuk lagu-lagu hits. Kalau kalian punya lagu atau audio sendiri, kalian juga bisa menambahkannya ke Zynn. Biar video kalian lebih unik.

Oya, kalian juga bisa melihat dan membagikan video ke pengguna Zynn lainnya. Bakal ada halaman khusus tempat kalian menemukan video pengguna lain.

Menariknya, di Zynn kalian bisa mendapat bayaran. Caranya yakni menonton video orang lain. Di sudut kiri atas layar bakal ada lingkaran penghitung waktu dan gambar dollar  di tengahnya.

Nanti saat kalian menonton video di Zynn, pewaktu di lingkaran akan berjalan. Kalau waktu lingkaran sudah penuh, kalian bakal dapat point yang bisa ditukarkan dengan uang.

Yah kalau bicara soal bayaran, TikTok juga sama. Baru-baru ini TikTok juga telah menggelontorkan uang $200 juta untuk kreator TikTok. Jadi kreator dengan penonton terbanyak bakal mendapat bayaran dari TikTok.

Download

Download

Triller

Sumber Gambar : TechCrunch

Dari sekian aplikasi, Triller bisa dibilang yang agak unik (dan sebenarnya sudah hadir sebelum TikTok). Kalau di aplikasi lain kalian harus mengedit video secara manual, maka di Triller berbeda.

Di aplikasi ini, kalian hanya perlu merekam video biasa. Setelah itu, ketuk tombol Triller. Selanjutnya Triller otomatis akan mengedit video menjadi lebih menarik.

Triller sendiri punya lebih dari 50 filter, dan akan bertambah 1 setiap minggunya. Oya, di sini kalian juga bisa berkolaborasi dengan pengguna lain dan melakukan video grup lho.

Bukan hanya itu, kalian juga dapat membagikan video ke media sosial lain. Intinya sih, Triller ini cocok untuk kalian yang pengen punya video keren tapi males ribet.

Download

Download

Clash

Sumber Gambar : Music Ally

Clash adalah aplikasi pembuat video pendek khusus iOS. Sebagian besar fitur di aplikasi ini sama dengan TikTok. Kalian bisa buat video pendek, kemudian mengeditnya dengan lagu atau animasi tertentu.

Kalian bisa membagikan video hasil editan ke pengguna lain. Kalian juga dapat mencari video pengguna lain, atau video yang sedang trend sesuai tagar.

Download

Instagram Reels

Sumber Gambar : Facebook Newsroom

Sebenarnya Instagram Reels bukanlah aplikasi. Namun, Reels adalah fitur terbaru yang ada di Instagram. Fitur ini bisa kalian temukan dalam Instagram Stories.

Fungsi fitur ini hampir sama seperti TikTok. Yakni, kalian bisa membuat video pendek 15 detik. Setelah itu kalian bisa mengedit video dengan memasukkan efek, animasi dan lagu.

Video dari fitur Reels bisa kalian bagikan ke siapapun. Bisa kalian bagi ke Instagram Stories, Feeds, DM, atau halaman khusus Reels.

Byte

Sumber Gambar : Digittaly

Byte punya antarmuka mirip dengan TikTok. Bukan itu, Byte juga punya cara kerja yang sama dengan TikTok. Kalian bisa follow pengguna lain dan melihat video mereka di beranda.

Perbedaan Byte dan TikTok ada pada durasi video yang bisa dibuat. Kalau TikTok menawarkan durasi 15 detik, maka Byte hanya punya durasi video 6,5 detik. Pendek sekali ya.

Saat ingin membuat video, kalian bisa mengunggah video dari ponsel, atau membuatnya langsung dari Byte. Edit video menggunakan berbagai efek dan lagu.

Setelah itu, kalian bisa membagikan video ke orang lain. Kalau mau, kalian juga bisa memasukkan video salah satu channel genre (alt, funny, meme, dll), dengan begitu orang lain bakal lebih mudah menemukan video kalian.

Download

Download

%d blogger menyukai ini: