Mirip TikTok, Inilah Fitur Terbaru Instagram Reels

Facebook resmi merilis fitur Instagram Reels. Fitur ini bisa digunakan untuk membuat video pendek, lengkap dengan efek dan musik di dalamnya.

Semakin hari, Instragam terlihat semakin lengkap. Setidaknya hampir setiap bulan, pasti aplikasi satu ini kedatangan fitur-fitur baru.

Bukan hanya itu, Instagram juga tidak mau kalah dengan aplikasi lain. Sebelumnya, Instagram meluncurkan fitur di Stories yang mirip Snapchat.

Sekarang, Instagram ingin menyaingi TikTok. Instagram pun telah membuat fitur baru bernama Reels. Fitur ini sangat mirip dengan TikTok.

Cara Kerja Fitur Instagram Reels

Popularitas TikTok sebagai aplikasi berbagai video pendek kian meningkat. Pasalnya aplikasi ini tidak hanya dipakai oleh orang biasa. Sederet petinggi negara dan selebritas pun sekarang ikut memakai TikTok.

Melihat tren yang ada saat ini, Facebook tidak mau diam saja. Perusahaan yang kini memegang Instagram itu, ikut meluncurkan fitur Instagram yang mirip TikTok.

Sumber Gambar : Facebook Newsroom

Fitur tersebut diberi nama ‘Reels.’ Fitur ini dijamin bakal memanaskan persaingan Facebook dan TikTok. Apalagi ByteDance selaku pemilik TikTok bersedia menginvestasikan sahamnya ke AS.

Terlepas dari itu semua, apa itu fitur Reels? Reels bukan sebuah aplikasi ya. Reels adalah fitur baru yang disematkan dalam Instagram Camera. Fitur ini memungkinkan penggunakan membuat dan mengedit video berdurasi 15 detik.

Mirip dengan TikTok. Kalian bisa membuat video pendek di Reels, dengan tambahan efek, musik dan animasi video. Semuanya bisa dilakukan secara langsung lewat Instagram.

Kalau sudah jadi, kalian bisa membagikan video ke orang lain. Caranya bisa lewat Feeds, Instagram Stories atau Direct Message (DM).

Sumber Gambar : Facebook Newsroom

Sama seperti Insta Stories biasa. Privasi video bakal menyesuikan akun kalian. Kalau akun kalian bersifat publik, video bisa dilihat semua orang. Tapi kalau pribadi, maka yang bisa melihat video adalah pengikut kalian.

Khusus untuk akun publik, video kalian juga akan tersedia di halaman khusus Reels. Nah di halaman ini, orang lain bisa mencari video Reels yakni dengan cara swap layar ke atas.  Mirip dengan ‘For Your Page’ yang ada di TikTok bukan?

Sumber Gambar : Facebook Newsroom

Fitur ini sebenarnya telah diuji sejak 2018 di Brazil. Setelah melalui proses uji coba yang sangat lama, akhirnya kini fitur Reels resmi diluncurkan ke lebih dari 50 negara.

Beberapa negara yang sudah kebagian fitur ini antara lain Amerika, Jepang, India, Inggris, dll. Untuk sementara ini, Reels belum menyapa pengguna Indonesia. Kita tunggu saja beberapa minggu lagi ya.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: