Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Aplikasi Email Mozilla Thunderbird Akan Punya Versi Mobile

mozilla thunderbird
Anom Penulis

Ada yang tahu aplikasi email Mozilla Thunderbird? Saya yakin tidak banyak yang tahu. Toh, kalau kamu masih mencari aplikasi email alternatif, mungkin kamu bisa pasang mata dan menunggu tampilan baru dan versi mobile Mozilla Thunderbird.

Memang, kebanyakan orang memakai aplikasi email bawaan PC (Mail, baik Windows maupun macOS) atau Gmail (Android) dan Mail (iOS). Kalaupun memakai aplikasi email lain, biasanya aplikasi Outlook buatan Microsoft jadi pilihan.

Namun ada beberapa orang yang suka memakai aplikasi email alternatif–seperti saya yang memakai Spark (sayangnya tidak ada untuk Windows–daripada aplikasi bawaan. Entah karena fitur berbeda atau penampilan yang lebih keren.

aplikasi mozilla thunderbird

Tapi salah satu masalah di Mozilla Thunderbird itu adalah tampilan itu sendiri. Aplikasi dari pembuat browser Firefox ini punya penampilan yang kuno dan tidak seksi sama sekali. Tampilannya masih mengingatkan kita pada tampilan ala program di era sebelum smartphone hadir..

Untungnya, ketika Ryan Lee Sipes, product manager untuk Mozilla Thunderbird memberi konfirmasi aplikasi versi mobile, ia juga menyebutkan kalau akan membenahi tampilan (UI/UX) aplikasi itu terlebih dulu.

Konfirmasi itu tentu menjadi kabar baik bagi mereka yang mencari aplikasi email alternatif, terutama yang berbasis FOSS (Free and open-source software).

Apalagi jika aplikasi itu memiliki fitur yang menarik. Misalnya seperti aplikasi Inbox (yang dibunuh Google) yang bisa memisah jenis email, apakah itu email biasa, newsletter, promo, dll. Fitur itu juga kemudian dimiliki oleh Spark dan diadaptasi oleh Gmail.

Baca Juga:  Aplikasi Email Spark Windows Tersedia, Ada Fitur & Tampilan Baru

Tapi selain konfirmasi di atas, belum ada informasi lebih jauh tentang akan seperti apa aplikasi email Mozilla Thunderbird yang baru, termasuk versi mobile tersebut.

Pembaruan aplikasi memang rutin dilakukan. Microsft sendiri kini tengah mengembangkan aplikasi Outlook berbasis web. Google pun terus meningkatkan aplikasi Gmail.

Kita lihat saja apakah Mozilla Thunderbird mampu mencuri perhatian pengguna dari aplikasi email bawaan atau tidak, dan apakah bisa bersanding dengan aplikasi email populer seperti Spark, Mailbird, Mailspring, Edison Mail, dll.