Facebook Mau Bikin Aplikasi Obrolan Suara Mirip Clubhouse

Obrolan suara kelihatannya bakal menjadi basis media sosial berikutnya. Rumor menyebutkan kalau Facebook berniat mengembangkan aplikasi obrolan suara seperti Clubhouse.

Clubhouse sendiri merupakan aplikasi obrolan suara (voice chat) yang saat ini masih hadir berdasar undangan. Alih-alih ngobrol dengan video atau teks, aplikasi ini fokus pada audio. Jadi mungkin seperti fitur obrolan suara di Discord atau yang juga tersedia di Telegram.

Pengguna bisa membuat ruang obrolan sendiri atau bergabung di berbagai klub yang sudah ada untuk ngobrol soal berbagai topik. Orang yang bertindak sebagai moderator bisa mengontrol alur percakapan.

tampilan Clubhouse

Aplikasi Clubhouse berhasil menarik banyak minat. Apalagi dengan menawarkan “jalan tengah” antara obrolan video dan teks. Bahkan CEO Facebook sendiri, Mark Zuckerberg, pernah mampir di klub “The Good Times Show” untuk ngobrol soal augmented dan virtual reality.

The New York Times mendapat kabar kalau Facebook kemudian berminat mengembangkan media sosial berbasis obrolan suara seperti Clubhouse ini. Yah, sudah bukan rahasia kalau raksasa media sosial ini suka “meminjam” konsep pesaing. Sebelum ini Facebook sudah membuat Stories di Instagram yang mirip dengan Snapchat. Lalu ada pula Reel yang mirip dengan TikTok.

Toh bukan Facebook saja yang berniat seperti itu. Seperti disebut di atas, Telegram pun sudah mengaplikasikan konsep serupa di dalam percakapan grup. Di samping itu, Twitter pun menguji coba fitur itu dengan nama “Space.”

Di sisi lain, belum tentu juga aplikasi seperti ini akan sukses secara global. Tidak jarang perusahaan menutup aplikasi karena pada akhirnya minim peminat. Kita lihat saja bagaimana perkembangan media sosial berikutnya.

%d blogger menyukai ini: