6 Aplikasi Password Manager untuk Menyimpan Data Lebih Aman

isi password

Membuat dan mengingat banyak password bukan pekerjaan mudah. Apalagi dengan banyaknya aplikasi atau layanan di internet. Solusi paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi password manager. Di bawah ini ada beberapa pilihan aplikasi password manager terbaik yang bisa kamu coba.

Aplikasi password manager akan membantumu menyimpan, membuat, sampai mengisi password saat kamu masuk ke sebuah aplikasi atau website. Kamu hanya perlu mengingat satu password saja (untuk aplikasi password manager ini) atau dengan verifikasi biometrik (sidik jari, wajah, atau mata).

Tidak jarang aplikasi seperti ini juga memberikan penyimpanan untuk informasi lain, seperti kartu kredit (untuk belanja online), kartu identitas, rekening bank, dll. Aplikasi akan melakukan enkripsi pada data tersebut sehingga lebih aman.

Aplikasi Password Manager Terbaik

Kembali ke awal, apakah aplikasi password manager terbaik? Dari berbagai aplikasi atau layanan yang tersedia, ada beberapa aplikasi yang sering disebut.

1. LastPass

aplikasi password manager terbaik lastpass

LastPass sering dianggap salah satu aplikasi password manager terbaik. Aplikasi ini punya layanan gratis dan komersial. Keduanya menawarkan penyimpanan username dan password tak terbatas, membuat password, otentifikasi dua langkah, bahkan menyimpan data untuk formulir isian (nama, tanggal lahir, dll). Aplikasi ini juga memantau kekuatan password dan duplikatnya.

LastPass memberi dukungan untuk banyak platform dan perangkat. Baik desktop dan mobile. Layanan premiumnya menawarkan sinkronisasi dari semua hal tersebut. Kamu juga bisa berbagi data dengan orang lain yang kamu pilih dengan setelan yang bisa kamu atur sendiri.

[junkie-button url=”https://lastpass.com/misc_download2.php” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_self”] Download [/junkie-button]

2. Dashlane

aplikasi password manager terbaik dashlane PC

Dashlane juga sering dianggap sebagai salah satu yang terbaik. Aplikasi password manager ini menawarkan penyimpanan username dan password tak terbatas, memantau keamanan, membuat dan mengubah password, termasuk data sensitif lain.

Dashlane tersedia untuk berbagai platform dan perangkat. Juga memiliki akun gratis dan komersial (premium). Akun premium menawarkan sinkronisasi antar perangkat, backup akun, berbagi informasi, juga otentifikasi dua faktor.

[junkie-button url=”https://www.dashlane.com/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]

3. 1Password

aplikasi password manager 1password

1Password juga merupakan salah satu yang paling populer. Pada umumnya memiliki layanan yang sama seperti yang lain di atas. Menyimpan banyak username dan password dengan satu password utama, menyimpan informasi penting lain, membantu mengisi otomatis password, dll.

1Password tersedia untuk berbagai perangkat dan platform. Sayangnya, aplikasi password manager ini tidak memiliki penawaran akun gratis.

[junkie-button url=”https://1password.com/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]

4. Enpass

Password manager enpass

Enpassย juga merupakan aplikasi password manager populer. Secara umum sama seperti lainnya. Secara kategori, aplikasi ini agak mirip dengan 1 Password yang menawarkan banyak kategori spesifik.

Enpass menawarkan layanan gratis dan langganan (komersial/premium). Akun gratis untuk perangkat bergerak memiliki keterbatasan sampai 20 penyimpanan data. Namun baik layanan gratis dan komersial sama-sama mendukung sinkronisasi antar perangkat.

Silakan baca ulasan kami mengenai Enpass.

[junkie-button url=”https://www.enpass.io/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]

5. Remembear

remembear for windows

RememBear adalah aplikasi password manager yang paling baru di antara pilihan di atas. Tapi aplikasi ini dengan cepat menjadi favorit. Kenapa? Karena pembuat RememBear sebelumnya sudah terkenal sebagai pembuat TunnelBear, sebuah layanan VPN.

Walaupun namanya lucu (website-nya juga), tapi RememBear memiliki keamanan oke. Aplikasi ini menggunakan enkripsi 256-bit untuk melindungi data (password) yang tersimpan. Selain itu, RememBear juga tersedia di berbagai platform. Baik Mac, Windows, iOS, maupun Android.

[junkie-button url=”https://www.remembear.com/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]

6. Myki

isi password otomatis di browser

Myki juga merupakan aplikasi password manager yang mencuri perhatian. Salah satu hal yang paling disukai adalah aplikasi ini menyimpan data secara lokal di handphone dan di komputer. Sinkronisasi antara keduanya melalui metadata yang terenkripsi.

Sayangnya, di desktop, Myki hadir sebagai ekstensi browser. Bukan aplikasi khusus (misalnya hadir di menubar atau taskbar). Jadi hanya bisa mengisi password secara otomatis untuk website.

Perlu juga saya sebutkan bahwa dukungan dari developer boleh diacungi jempol. Pertanyaan atau kendala yang saya laporkan selalu mendapat balasan dan penjelasan yang baik. Silakan baca artikel tentang Myki dari kami.

[junkie-button url=”https://myki.co/” style=”blue” size=”medium” type=”round” target=”_blank”] Download [/junkie-button]

Seharusnya, kalau kamu memilih salah satu dari keempat layanan di atas, kebutuhanmu untuk menyimpan password sudah bisa terpenuhi. Kalau kamu masih belum menemukan yang cocok — seperti sudah saya sebut — ada banyak pilihan lain. Misalnya, kamu juga bisa memilih Roboform atauย SaferPass yang pernah kami ulas.

Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Lebih baik, cari yang memudahkan penggunaan baik untuk komputer desktop sampai perangkat bergerak seperti handphone. Dengan demikian kamu tidak perlu repot mengingat password yang banyak.

More Stories
Ngetweet Asik dengan MeTweets