Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome PC, Android dan iOS Terlengkap!

cara melihat password yang tersimpan di google chrome
Sumber: The Keyword
Indri Penulis

Gimana sih cara melihat password yang tersimpan di Google Chrome? Tenang, jangan galau. Simak ulasan ini untuk dapatkan tutorial lengkapnya.

Google Chrome adalah salah satu browser terpopuler di dunia. Browser yang satu ini punya tampilan yang ramah pengguna. Ditambah dengan berbagai plugin tambahan, membuat Chrome lebih handal untuk menunjang produktivitas.

Sebagai browser yang dipakai sehari-hari, Chrome tentunya sering dipakai untuk login ke berbagai website. Mulai dari website toko online, media sosial, dll.

Nah kabar bagusnya, sekarang Chrome menawarkan fitur Password Manager. Fitur tersebut bisa menjadi cara melihat password yang tersimpan di Google Chrome.

Penasaran gimana cara melihat password yang tersimpan di Google Chrome? Pastikan kamu nggak melewatkan artikel ini. Karena saya akan membahas tutorialnya lengkap untuk perangkat PC, Android dan juga iOS.

  • Solusi Cepat
    Cara melihat password yang tersimpan di Google Chrome bisa dengan fitur Password Manager. Klik ikon menu di Chrome > Settings > Password Manager. Kemudian klik ikon mata yang ada di samping website yang ingin kamu ketahui kata sandinya.

Kenapa Orang Butuh Melihat Password yang Tersimpan?

Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat orang ingin melihat password yang sudah tersimpan di Chrome. Tapi alasan yang paling masuk akal biasanya mereka melakukan hal tersebut karena lupa kata sandi.

Baca Juga:  3 Cara Blokir Situs di Chrome Android dan PC Terlengkap, Paling Mudah!

Dengan menggunakan Password Manager di Chrome, semua kata sandi yang tersimpan akan terpampang jelas. Tentunya lengkap dengan username atau email yang dipakai login ke situs tersebut.

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome

1. Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome PC

Ketika kamu menggunakan Chrome di PC, prosesnya bakal sama untuk semua OS desktop/laptop. Itu artinya pengguna Windows, macOS, Linux, Chrome OS, dll, tetap sama.

Untuk melihat kata sandi yang tersimpan di Google Chrome melalui PC atau laptop, kamu bisa ikut langkah-langkah berikut ini:

  • Buka browser Google Chrome di PC-mu.
cara melihat password yang tersimpan di google chrome
  • Kemudian klik ikon titik tiga di sudut kanan atas layar.
  • Atau kamu juga bisa klik ikon profilmu.
cara melihat password yang tersimpan di google chrome
  • Setelah itu, pilih opsi “Settings.”
cara melihat password yang tersimpan di google chrome
  • Kemudian klik menu “Autofill” di sebelah kiri.
cara melihat password yang tersimpan di google chrome
  • Lalu pilihlah opsi “Passwords” atau “Password Manager.
cara melihat password yang tersimpan di google chrome

Setelah itu kamu akan melihat daftar semua kata sandi situs web, yang sebelumnya kamu izinkan untuk disimpan oleh Chrome. Untuk memperlihatkan kata sandinya, kamu bisa klik ikon mata.

2. Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome Android & iOS

Kalau tadi tutorial melihat password yang tersimpan di Google Chrome PC, sekarang saya akan gantian bahas yang versi Android dan iOS.

Cara melihat kata sandi yang tersimpan di Chrome Android dan iOS sama. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang saya berikan kali ini.

Untuk melihat kata sandi yang tersimpan di Chrome melalui Android atau iOS, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Chrome di ponselmu.
svg%3E
  • Setelah itu klik ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas layar HP Android.
  • Atau klik ikon titik tiga horizontal di pojok kanan atas layar HP iOS.
svg%3E
  • Kemudian klik menu “Settings.”
svg%3E
  • Selanjutnya klik menu “Passwords” atau “Password Manager.”
svg%3E

Setelah itu kamu akan melihat daftar semua kata sandi situs web yang pernah kamu simpan di Chrome. Kamu bisa klik salah satu website yang ingin dilihat kata sandinya.

svg%3E

Nah untuk melihat password-nya, kamu bisa klik ikon mata di samping kanan situs web yang ada di daftar. Tergantung HP-mu, biasanya kamu akan diminta memasukkan PIN atau sidik jari. Kalau di HP saya, saya diminta untuk memindai sidik jari terlebih dulu.

svg%3E

Baru setelah itu, saya akan dibawa ke halaman password dan username. Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas, kamu hanya perlu klik ikon mata untuk melihat password website tersebut.

Baca Juga:  5 Cara Mengatasi Sambungan Tidak Aman di Chrome, Terlengkap dan Termudah!

Cara Menyimpan Password di Google Chrome

Biasanya beberapa pengguna belum mengetahui cara menyimpan kata sandi di Google Chrome. Padahal secara nggak sengaja, sebenarnya mereka mungkin sudah pernah melakukannya.

1. Cara Menyimpan Password di Google Chrome PC

Cara ini bisa kamu gunakan untuk OS Windows, macOS, Linux, ChromeOS (semuanya sama). Caranya simpel banget kok.

Jadi setiap kali kamu memasukkan kata sandi ke baru di situs tertentu, Chrome otomatis akan memintamu menyimpan kata sandi tersebut. Kamu hanya perlu klik tombol “Save” untuk menyimpan kata sandi tersebut.

2. Cara Menyimpan Password di Google Chrome Android dan iOS

svg%3E

Cara menyimpan kata sandi di Google Chrome Android dan iOS sebenarnya nggak jauh beda. Kamu hanya perlu klik ikon menu Chrome, lalu klik “Password Manager > Password Manager > Tawarkan Penyimpanan Sandi.

What’s Next?

Baiklah Urban People, itu dia beberapa cara melihat password yang tersimpan di Google Chrome. Cara di atas cocok banget untuk kamu yang sering lupa kata sandi.

Kamu cukup manfaatkan fitur Password Manager yang ada di Chrome. Praktikkan langkah-langkah yang sudah saya bagikan di atas, dan voila.. Semua kata sandi dan username website yang tersimpan akan tampil.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]