Aplikasi Perekam Layar Android Ini Gratis dan Tanpa Iklan

aplikasi perekam layar android

Kalau bicara soal aplikasi perekam layar Android, mungkin Mobizen menjadi pilihan utama (atau Google Play Game). Tapi ada satu aplikasi yang bisa jadi alternatif. Apalagi selain gratis, aplikasi ini juga tanpa iklan!

Kedengarannya terlalu indah ya? Namun orang-orang yang sudah menggunakannya bisa jadi saksi. Aplikasi yang bernama Screen Recorder ini punya rating bagus di Play Store.

Fitur Perekam Layar Lengkap

Kalau kamu membuka aplikasi ini, kamu bisa melihat kalau fiturnya cukup lengkap. Tidak kalah dengan Mobizen.

Apa pengatur waktu sebelum mulai merekam, ada tombol kontrol rekaman, ada pilihan kualitas video rekaman, pilihan posisi layar, edit video rekaman, dan juga bisa membuat screenshot. Semua fitur dasar dimilikinya.

setting perekam layar

Setting perekam layar

Bahkan ada fitur yang tidak kalah seru. Kamu bisa mengatur nama file video, mengatur bitrate dan frame rate, memilih format encoder, menunjukkan sentuhan (bagus untuk bikin tutorial), membuat banner tulisan, dan memasang logo sendiri.

Untuk sebuah aplikasi perekam layar Android yang gratis dan tanpa iklan, fitur yang banyak ini boleh dibilang luar biasa. Hampir seperti beramal.

BACA JUGA
Cara Screenshot Android Samsung Galaxy S9+

Namun harus saya akui, ada sedikit kelemahan dari aplikasi ini. Dari segi penggunaan masih lebih mudah Mobizen.

Begini, kalau Mobizen, ketika kamu membuka aplikasi itu, ia hadir dalam bentuk floating button (tombol mengambang) di layar. Kamu bisa dengan mudah membuka aplikasi atau game, lalu merekam.

kontrol aplikasi perekam layar

Kontrol aplikasi perekam layar

Nah, kalau di aplikasi Screen Recorder ini, kamu akan membuka aplikasi itu lebih dulu, baru meluncurkan aplikasi atau game lain untuk kemudian merekam. Nanti akan muncul kontroler perekam di layar.

Dalam proses rekaman, tombol itu akan jadi floating button kecil (tergantung pengaturanmu). Sayangnya tombol ini tidak otomatis hilang. Harus kamu atur di setting. Yah, Mobizen juga begitu, tapi sedikit lebih mudah. Untuk menghentikan proses rekaman, kamu bisa melakukannya melalui notification center atau melalui floating button tadi.

Toh, masalah ini bisa terhitung sepele kalau dibanding fitur yang ada. Sekali lagi, aplikasi ini gratis dan tanpa iklan. Lalu, kalau dilihat di Play Store, si pengembang juga kelihatannya terbuka dengan berbagai masukan. Jadi, kenapa tidak dicoba?

Download (Android)

Ada komentar?