PowerToys di Windows: Dari Ubah Banyak Nama File Sampai Color Picker

gambar: Microsoft | Github

Kamu butuh aplikasi color picker, mengubah ukuran gambar, mengatur jendela aplikasi, mengubah nama banyak file, dll di Windows? Tenang, kamu bisa memakai PowerToys untuk mendapatkan peralatan itu di Windows.

Supaya nggak bingung, ikuti dulu pembahasan berikut ini.

Apa itu PowerToys?

Microsoft PowerToys adalah sekumpulan peralatan di Windows yang tersedia secara gratis (proyek open source). Aplikasi dan fitur yang ada di dalamnya berguna untuk lebih memudahkan dan meningkatkan kemampuan dalam pemakaian Windows sehari-hari.

Peralatan yang diinspirasi oleh PowerToys di jaman Windows 95 ini sudah disesuaikan dengan era Windows 10 dan memang memberikan fitur yang menarik dan praktis.

Kamu bisa mengunduh PowerToys dari GitHub (cari PowerToysSetup). Setelah melakukan instalasi, kamu bisa mengakses Setting aplikasi ini dari taskbar Windows (klik kanan dan pilih ‘Setting’).

gambar: How to Geek

Peralatan PowerToys

Nah, berikut ini berbagai aplikasi atau perkakas yang bisa kamu gunakan melalui PowerToys.

Color Picker

color picker powertoys
gambar: Microsoft | GitHub

Seperti namanya, perkakas satu ini berfungsi untuk mengambil warna di mana saja, termasuk dari aplikasi lain. Color Picker dibuat berdasar aplikasi buatan Martin Chrzan.

Kalau kamu sudah memasang PowerToys, kamu bisa mengaktifkan Color Picker di Setting aplikasi itu. Secara bawaan, kamu bisa memakai fitur ini dengan shortcut tombol Win+Shift+C. Tapi kamu bisa mengubahnya, termasuk juga untuk informasi warna yang disalin.

FancyZones

gambar: Microsoft | GitHub

FancyZones berguna utuk membantu kamu mengatur jendela aplikasi dengan cepat. Kamu bisa mengatur pembagian bidang jendela di layar dan nantinya bisa menggeser aplikasi ke bidang itu untuk mengunci posisinya.

Kalau kamu sudah memasang PowerToys, kamu bisa mengaktifkannya di Setting aplikasi itu. Kemudian, kamu bisa mengatur posisi jendela, baik melalui Setting maupun dengan shortcut tombol Win+'. Fitur ini juga mendukung pemakaian beberapa monitor.

File Explorer Add-ons

gambar: Microsoft | GitHub

Add-on untuk File Explorer ini akan memberikan kemampuan yang lebih. Untuk saat ini, tambahan yang diberikan memang belum banyak, yaitu menambah dukungan tampilan untuk berkas Markdown dan SVG. Kalau diaktifkan, kamu bisa melihat tampilan kedua berkas itu di panel Preview.

Image Resizer

gambar: Microsoft | GitHub

Perkakas ini merupakan salah satu fitur yang paling berguna. Dengan Image Resizer, kamu bisa mengubah ukuran banyak gambar sekaligus. Tinggal pilih berkas gambar, klik kanan, tekan ‘Resize Pictures’, dan pilih ukuran yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa langsung meletakkannya di folder terpisah.

Kamu juga bisa menentukan terlebih dulu ukuran apa saja yang kamu butuhkan. Caranya, klik kanan pada gambar, pilih ‘Resize Pictures’, dan klik ‘Setting’.

Keyboard Manager

gambar: Microsoft | GitHub

Keyboard Manager merupakan perkakas yang bisa kamu pakai untuk mengubah fungsi dan shortcut tombol di keyboard. Mungkin fitur ini memang lebih berguna bagi pengguna Windows tingkat lanjut, alias bukan untuk pemula. Karena bisa membuat bingung.

Tapi kalau kamu ingin mengatur secara spesifik, perkakas ini sangat powerful. Kamu bahkan bisa mengubah shortcut untuk aplikasi tertentu.

PowerRename

gambar: Microsoft | GitHub

Perkakas ini juga merupakan salah satu fitur yang paling berguna. PowerRename bisa membantumu mengubah nama file sekaligus banyak dalam satu kali tindakan.

Kalau PowerToys aktif, kamu bisa memilih file yang ingin kamu ubah namanya, klik kanan, pilih ‘PowerRename’, lalu ganti nama sesuai keinginanmu. Serunya lagi, kamu bisa membatalkan (undo) penggantian nama itu.

PowerToys Run

gambar: Microsoft | GitHub

PowerToys Run akan memberikan fungsi pencarian yang mirip dengan Spotlight di macOS. Kamu tinggal menekan shortcut Alt+Space dan mengetik apa yang ingin kamu cari (aplikasi, file, dll).

Selain fungsi pencarian itu, kamu juga bisa menjalankan beberapa perintah tingkat lanjut di Windows. Yang menarik, kamu juga bisa melakukan fungsi kalkulator di sini (misal mengetik 5*20 dan akan muncul hasilnya).

Windows Key Shortcut Guide

gambar: Microsoft | GitHub

Kalau kamu lupa berbagai shortcut Windows, kamu bisa menggunakan perkakas satu ini. Kalau PowerToys aktif, kamu tinggal menekan tombol ‘Windows’ selama sekitar 1 detik. Kemudian panduan shortcut keyboard akan muncul di depan mata.

Kamu juga bsia mengatur berapa lama tombol ditekan sampai fungsi ini muncul. Lalu kamu juga bisa mengatur tingkat transparansi tampilannya. Jadi kamu bisa mendapat bantuan kapan pun kamu inginkan.

%d blogger menyukai ini: