Razer Hadirkan Aplikasi THX Spatial Audio Agar Efek Suara Realistis

Selain tampilan grafis yang keren, audio selalu menjadi bagian penting dalam bermain game. Untuk bisa menyajikan efek suara lebih realistis, Razer merilis aplikasi THX Spatial Audio untuk Windows 10.

Secara sederhana, istilah “spatial audio” dipakai untuk menggambarkan kondisi suara yang tidak mono (satu arah). Secara umum, yang termasuk dalam spatial audio ini adalah di antaranya suara stereo (dua arah, kanan-kiri) dan surround (multi kanal, misalnya 5.1 dan 7.1), binaural (360º), dan ambisonic (360º responsif pada posisi).

Dalam bermain game, tentu kamu sadar kalau suara memainkan peranan penting. Bukan sekedar efek suara yang wah saja. Tapi arah suara pun penting. Misalnya bisa mendengar dari mana musuh datang.

“Bersama THX, kami mengembangkan solusi audio imersif yang menjawab kebutuhan utama gamer — suara yang dinamis dan menggambarkan posisi akurat,” ujar Alvin Cheung, Senior VP Razer. “Kami berhasil meraihnya dengan membawa keunggulan audio sinematik THX, lalu menambah berbagai peralatan kustomisasi, untuk meningkatkan suara dan memberi pengalaman personal pada pendengar.”

THX Spatial Audio sendiri merupakan teknologi rendering suara 3D yang bisa mengembangkan suara ambisonic walau hanya dari dua kanal. Apalagi kalau engan sistem audio 5.1 atau 7.1. Teknologi inilah yang dibawa Razer dalam bentuk aplikasi.

kalibrasi suara

Aplikasi Razer THX Spatial Audio memiliki sistem pengaturan suara, meliputi posisi speaker, volume, dan jarak. Jadi pengguna bisa mengatur sesuai kondisi suara yang diinginkan. Selain itu, ada pula sistem equalizer. Pengguna bisa memakai pilihan THX Tuned Preset yang tersedia atau mengatur setelan mereka sendiri.

Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Windows 10 dan mendukung berbagai jenis headphone maupun earbud, baik yang memakai colokan audio 3,5 mm, USB, atau dengan Bluetooth. Aplikasi ini juga memiliki widget di Windows Game Bar sebagai akses cepat.

equalizer

Aplikasi Razer THX Spatial Audio ini merupakan aplikasi premium yang memiliki harga $19.99 USD untuk pembalian standar atau $9.99 USD untuk upgrade dari sistem 7.1 surround.

Untuk informasi lebih jauh, silakan kunjungi situs resmi Razer.

%d blogger menyukai ini: