Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Aplikasi Ringtone Maker dari Nokia

Anom Penulis

Akhirnya setelah kita sibuk membuat ringtone dengan aplikasi pihak ketiga, kini ada aplikasi yang terhitung resmi untuk itu. Ini dia Ringtone Maker dari Nokia. Aplikasi ini hadir sebagai fitur baru dari update ke Windows Phone 7.8. Tentu saja para pengguna ponsel Windows Phone 8 juga bisa menggunakannya. Karena aplikasi ini adalah besutan Nokia, jangan heran kalau aplikasi ini masuk dalam aplikasi koleksi Nokia untuk para pengguna ponsel Nokia Lumia.

Nokia sudah dikenal selalu meluncurkan aplikasi dengan kualitas prima. Nokia juga sangat serius mengembangkan aplikasi yang mendukung fitur Windows Phone. Nah, bagaimana dengan aplikasi Ringtone Maker ini?

Aplikasi Ringtone Maker ini bisa dibilang antara memuaskan dan kurang mengejutkan. Memuaskan karena aplikasi ini jelas, sangat sederhana, dan mudah digunakan. Kami sebut kurang mengejutkan, karena mungkin terlalu sederhana.

Saat meluncurkan aplikasi ini, kita langsung dihadapkan pada tombol untuk memilih lagu. Yang kemudian akan membawa kita ke music library di ponsel kita. Kita tinggal memilih salah satu lagu di sana.

Oya, dalam memilih lagu, kita perlu mengingat bagian mana di lagu itu yang paling asik untuk dibuat ringtone. Ya, karena aplikasi Ringtone Maker ini tetap mematuhi aturan dari Windows Phone dalam membuat ringtone.

Setelah memilih lagu, kita dibawa ke tampilan edit ringtone. Tampilan dan caranya sangat sederhana. Durasi lagu keseluruhan adalah garis yang berwarna abu-abu (tembus pandang), dan durasi ringtone adalah garis yang berwarna sama dengan warna theme yang kamu gunakan di ponsel.

Untuk mengubah durasi ringtone, kita tinggal tap dan tahan lingkaran di ujung garis lalu menggesernya. Durasi maksimal ringtone adalah 30 detik. Untuk menggeser bidang ringtone ke bagian lain lagu, kita tinggal tap dan tahan bidang layar di mana saja (selain garis ringtone dan application bar) dan menggesernya.

Kita bisa mendengarkan potongan ringtone kita dengan tap tanda play di application bar di bawah. Kalau sudah puas dengan hasilnya, tap ikon save. Kita tinggal memberi nama ringtone buatan kita, dan memilih apakah potongan lagu tersebut mau langsung di set sebagai ringtone atau tidak. Proses selesai.

Kalau ada yang patut disayangkan, hal itu adalah belum adanya pilihan untuk membuat fade in atau fade out di awal atau akhir ringtone. Kenapa? Karena kalau kita mengambil ringtone dari tengah lagu, maka potongan lagu akan terputus begitu saja. Jadi kurang enak di kuping. Selain itu, aplikasi ini cukup memuaskan.