Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Aplikasi Streaming Musik dari ByteDance (TikTok) Akan Hadir Desember

Anom Penulis

Aplikasi TikTok memang sedang naik daun. Sementara itu, ByteDance disebut berencana merilis aplikasi streaming musik dalam waktu dekat, yaitu bulan Desember.

Kabar mengenai aplikasi streaming musik dari pembuat TikTok ini sudah terdengar beberapa waktu lalu. Saat itu, rumor menyebutkan kalau ByteDance menargetkan musim gugur tahun 2019 sebagai waktu rilis. Yah, jangka waktu itu boleh dikatakan sudah lewat.

popculture.id

Namun ada kabar terbaru. The Financial Times menyebutkan kalau ByteDance berencana mengumumkan aplikasi streaming musik ini sebelum akhir tahun (berarti bulan Desember 2019).

Berita itu juga sedikit memberi konfirmasi rencana aplikasi tersebut dirilis di berbagai negara berkembang. Karena ada beberapa negara yang disebut termasuk sebagai wilayah rilis, yaitu India, Brazil, dan Indonesia.

Aplikasi ini disebut juga akan memakai sistem berlangganan, seperti Spotify. Tapi di sisi lain, biaya berlangganan dikatakan akan memiliki harga bersaing. Dengan kata lain, mungkin lebih murah dari Spotify.

aplikasi tiktok
foto: VOX

Tentu saja salah satu faktor penentunya adalah koleksi lagu di dalam aplikasi. Sumber The Financial Times mengatakan kalau ByteDance masih dalam proses negosiasi dengan beberapa label musik, seperti Universal Music, Sony Music, dan Warner Music. Hal ini tentu menarik untuk dipantau lebih jauh.

Kemudian, kita juga bisa menduga kalau layanan streaming ini akan memiliki integrasi ke aplikasi TikTok. Pengguna disebut bisa melihat video yang sedang viral langsung dari aplikasi streaming, dan melakukan sinkronisasi audio dengan musik yang sedang mereka dengarkan (hm, belum terbayang bentuknya seperti apa).

Sekali lagi, TikTok memang sedang naik daun. Jadi ByteDance kelihatannya akan menunggangi kesuksesan aplikasi tersebut untuk mendorong layanan streaming ini. Cukup masuk akal, mengingat TikTok melebur fitur Musical.ly yang berbasis musik setelah mereka membelinya.

Pastinya akan menarik melihat bagaimana persaingan di dunia musik. Bagaimanapun, sudah ada nama-nama besar di pangsa ini. Sebut saja Spotify, Apple Music, dan juga pemain yang “cukup baru” YouTube Music.

    %d blogger menyukai ini: