Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Aplikasi Tumblr Windows 10 Bertambah dengan Ouga

Anom Penulis

Aplikasi Tumblr Windows 10 mendapat tambahan satu lagi aplikasi keren. Namanya adalah Ouga. Dibuat berbasis universal app dan dengan desain khas Windows 10.

Kalau kamu pernah menggunakan aplikasi Tumblr Tblog, mungkin akan sedikit mengenali kemiripan di antara keduanya. Tetap ada perbedaan, tentu saja. Misalnya ikon di application bar, warna frame artikel di dashboard, dll.

popculture.id

Selain itu, ada juga beberapa fungsi yang berbeda. Di dashboard Tumblr Ouga, kita bisa melihat notes yang ada di sebuah artikel secara langsung (dengan context menu). Cukup memudahkan untuk sekedar mengecek siapa saja yang like atau reblog artikel tersebut.

Context menu ini jadi sesuatu yang konsisten di dalam aplikasi Ouga. Membuat artikel baru–dengan pilihan jenis artikel–juga muncul dengan cara sama. Begitu pun saat membuat artikel. Memilih blog Tumblr yang mana juga menggunakan cara tersebut.

Ada sedikit kendala yang saya temui saat upload gambar ke Tumblr. Application bar sempat tidak berubah (lihat screenshot di bawah). Namun–entah saya memencet apa, mungkin tombol back–application bar untuk post akhirnya muncul, dan upload bisa dilakukan.

Ouga juga nyaman untuk melakukan pencarian, atau sekedar browsing konten populer. Melihat tumblog alias Tumblr blog lain juga bisa dilakukan di dalam aplikasi ini.

Ada satu bagian yang terasa sedikit tanggung di aplikasi Tumblr Windows 10 ini. Bagian itu adalah header di halaman blog. Entah kenapa, bagian header hanya menampilkan warna abu-abu, yang terlihat generik.

Tentu saja, karena Ouga adalah universal app, aplikasi ini juga bisa digunakan di Windows 10 Desktop. Tampilannya sedikit berbeda (menyesuaikan perangkatnya), tapi masih memiliki elemen yang sama. Terus terang, saya berharap tampilan desktop bisa sedikit lebih keren lagi. Tapi mungkin ini akan berkembang seiring waktu.

Jadi, untuk yang eksis di Tumblr, sekarang pilihannya bertambah lagi. Tblog, yang sebelumnya banyak disukai, mendapat saingan yang sepadan. Kelihatannya aplikasi Tumblr akan seperti aplikasi Twitter atau YouTube yang memiliki aplikasi pihak ketiga yang oke punya.

Untuk yang ingin mencoba silakan download gratis di Bursa.

    %d blogger menyukai ini: