6 Aplikasi untuk Berbagi Video Klip Game

main game

Kita sering menemui video panjang dan streaming game di YouTube. Tapi bagaimana kalau kamu hanya ingin berbagi video pendek? Ada beberapa aplikasi media sosial untuk berbagi klip video pendek game.

Memang video berdurasi panjang bisa memberikan gambaran lebih luas soal main game. Entah itu menjelaskan gameplay, menunjukkan walkthrough, sebagai review, dll. Tapi bukan berarti video pendek tidak fun.

Video pendek game bisa lebih seru untuk beberapa hal. Misalnya untuk menunjukkan momen seru atau lucu, move keren, bahkan berpotensi jadi meme. Karena durasinya pendek, klip bisa lebih mudah dibuat dan dikirim ke media sosial. Orang-orang juga bisa lebih mudah menontonnya, tanpa harus mengikuti tontonan bertele-tele.

Biasanya layanan berbagi video pendek game pun sudah memiliki kategori atau tag game yang populer. Jadi fans game tersebut bisa mengikuti klip seru yang bersangkutan. Tanpa terganggu video lain di luar game.

Lalu apa saja aplikasi yang bisa berguna untuk berbagi klip video pendek game?

Clutch

aplikasi clutch android ios

Clutch memungkinkan kamu untuk mengimpor rekaman video permainanmu, entah dari Xbox, Playstation, atau PC. Layanan ini juga memiliki fungsi editing untuk memotong durasi, mengatur kecepatan, atau menambah suara (entah musik atau komentar).

Kamu bisa memanfaatkan Clutch baik di PC (browser) maupun di smartphone (baik Android maupun iOS). Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur khas media sosial, seperti Like, Repost, atau mengirim ke media lain.

Kunjungi situs

Download (Android)

Download (iOS)

Medal.tv

aplikasi medal tv

Medal.tv memiliki fitur yang cukup menarik. Layanan ini akan merekam klip game sampai 15 detik dengan memanfaatkan mekanisme rekaman berdasar jenis permainan, termasuk untuk suara. Klip itu akan secara otomatis ter-upload ke cloud. Kamu juga bisa memotong durasi dan mengirimnya ke media sosial lain.

Medal.tv memiliki aplikasi di beberapa platform, seperti Windows, macOS, Android, dan iOS. Tapi fungsi merekam untuk saat ini baru tersedia di Windows. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur khas media sosial seperti Upvote (seperti Reddit, bukan Like seperti Facebook), berkomentar, atau berbagi.

Kunjungi situs

Download (Android)

Download (iOS)

RCADE

media sosial untuk gamers rcade

RCADE juga menawarkan ruang untuk berbagi klip game yang pendek. Layanan ini memiliki fungsi edit (memotong durasi), daftar game, dan tag. Termasuk fitur layaknya media sosial seperti Like dan Komentar.

RCADE tersedia untuk PC (lewat browser) dan aplikasi Android juga iOS. Kami pernah membahas soal aplikasi RCADE sebelumnya.

Kunjungi situs

Download (Android)

Download (iOS)

Melee

aplikasi klip video game melee

Melee adalah aplikasi berbagi klip video pendek game buatan imgur. Melalui Melee, gamer bisa mengikuti dan berbagi video khusus game, termasuk game tertentu. Aplikasi ini tentu juga dilengkapi dengan fitur komentar ala media sosial.

Sayangnya, aplikasi Melee saat ini baru tersedia untuk iOS. Versi Android akan hadir di awal tahun 2020 dan versi PC akan segera menyusul kemudian.

Download (iOS)

YouTube

youtube gaming

Tentu saja kita tidak bisa mengacuhkan raksasa satu ini. YouTube mungkin lebih sering dipakai untuk tayangan video panjang. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa berbagi video pendek.

Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai fitur YouTube lainnya. Kelemahannya, karena YouTube berisi banyak konten, konten lebih mudah tenggelam dan pemirsa bisa memiliki bias yang cukup tinggi.

Instagram

Sama seperti YouTube, kita pun bisa berbagi video pendek game di Instagram (atau yang lebih panjang di IGTV). Apalagi Instagram adalah media sosial yang sangat populer.

Tapi, sama juga seperti YouTube, konten di Instagram sangat beragam. Untuk bisa mengikuti atau menjangkau komunitas game tertentu, kamu harus mengikuti hashtag tertentu pula. Belum lagi ada gangguan dari posting yang nebeng hashtag. Artinya, sedikit lebih repot. Tapi bukan masalah juga. Siapa tahu nanti Facebook mengembangkan fitur khusus game. Hehehe.