Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Cara Memotong Durasi (Trim) Video di Android Dengan Mudah

trim video di android

Kali ini kami mau membahas cara memotong durasi atau trim video di Android. Jadi, kalau kamu belum tahu caranya, silakan ikuti penuturan ini.

Kenapa cara memotong durasi video layak diketahui? Pertama, karena ada beberapa media sosial yang membatasi panjang durasi. Kedua, tidak semua isi konten video menarik.

Ya, di tengah banyaknya konten video di media sosial, orang bisa dengan mudah melompat dari satu video ke video yang lain. Jadi, video yang bertele-tele bisa dengan mudah ditinggalkan.

Dengan memiih bagian penting dan memotong yang tidak penting, kamu bisa menyajikan video yang lebih menarik. Hal ini juga berguna kalau kamu membuat kumpulan klip pendek. Misalnya video highlight headshot PUBG.

Nah, ada banyak aplikasi untuk edit video di Play Store. Namun yang kami gunakan di tutorial ini adalah aplikasi InShot. Jadi, kalau kamu mau mengikuti tutorial ini, silakan unduh InShot di Play Store.

Cara Trim Video dengan InShot di Android

  1. Buka aplikasi InShot.
  2. Tekan ikon video () untuk membuka video yang mau kamu edit.
  3. Pilih klip video bersangkutan.
    Catatan: Kamu bisa memilih banyak. Tapi sebagai awalan, pilih satu terlebih dulu.
  4. Tekan ikon Gunting () untuk masuk proses trim.
  5. Tekan dan geser bulatan di ujung kiri bidang seleksi untuk memotong bagian awal, dan bulatan di bagian kanan untuk memotong bagian akhir video.
  6. Kalau sudah, kamu bisa memotong bagian lebih detil dengan menekan tombol ‘Zoom Selection‘.
    Kamu akan masuk ke bagian yang sudah kamu potong tadi. Karena tampilan lebih besar, kamu bisa lebih mudah menggeser dengan lebih detil.
  7. Tekan tanda centang () apabila sudah puas.
Trim video dengan InShot

Nah, kamu sudah berhasil memotong durasi video di ponsel Android. Kamu bisa melanjutkan proses editing lain. Misalnya menambah klip lain, memberi tulisan, crop video, dll.

Kalau sudah puas dengan hasilnya, kamu bisa tekan tombol ‘SAVE‘ untuk menyimpan klip video tersebut. Silakan pilih kualitas atau ukuran berkas yang kamu inginkan. Setelah proses penyimpanan selesai, kamu bisa memilih mau mengirim ke mana.

Semoga tutorial dasar ini bisa membantu kamu membuat konten video dengan lebih bagus. Selamat mencoba.

More Stories
Review Singkat Samsung Galaxy Note 8: Smartphone Untuk Orang Kreatif