Aplikasi untuk YouTuber Gaming Yang Main Game di Smartphone

Anom Penulis

Apa kamu baru mau mulai merintis channel gaming di YouTube berdasar kegiatan main game di smartphone? Kalau iya, di sini ada beberapa rekomendasi aplikasi untuk YouTuber Gaming yang mungkin bisa membantu.

Konten video di dalam sebuah channel gaming YouTube bisa beragam. Kamu bisa melakukan live streaming, membuat walkthrough, review game, menunjukkan momen seru saat bermain, atau bahkan hal kreatif lain (misalnya mengumpulkan gerakan emote dan bikin video musik).

Memang, memproduksi video di smartphone jelas jauh lebih terbatas di banding untuk PC. Paling tidak dari segi tampilan dan kontrol yang lebih kecil. Tapi toh kamu tetap bisa bikin video yang bagus lho.

Dalam proses membentuk channel di YouTube, kamu membutuhkan beberapa aplikasi baik untuk memproduksi video sampai membuatnya menjadi sebuah tontonan menarik. Bahkan juga kamu perlukan untuk channel itu sendiri.

Nah, mari kita lihat beberapa aplikasi yang layak kamu pertimbangkan untuk memulai langkah sebagai YouTuber Gaming.

Perekam Layar

Tentu, perekam layar menjadi aplikasi utama. Karena dengan aplikasi ini kamu akan menunjukkan tampilan layar saat main game.

Saat ini, baik di iPhone maupun ponsel Android sudah ada aplikasi perekam layar bawaan. Di iPhone kamu bisa mengaksesnya lewat Pusat Kontrol. Sementara di ponsel Android kamu bisa menemukannya di Setelan Cepat.

Kalau kamu tidak suka dengan aplikasi Perekam Layar bawaan (atau ponselmu belum memilikinya), kamu bisa mencoba Mobizen sebagai aplikasi alternatif.

Edit Video: CapCut

Aplikasi edit video juga menjadi salah satu yang penting. Dengan aplikasi ini kamu bisa memotong durasi atau crop video, menambah klip lain, atau menambah elemen (musik, teks, stiker/emoji, efek, dll).

CapCut merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik dengan banyak fitur. Tampilannya pun bersih dan enak digunakan. Di aplikasi ini kamu juga bisa melihat berbagai video debagai referensi.

Sebagai alternatif CapCut, kamu juga bisa memakai InShot, yang juga tidak kalah dari segi fitur dan kepopuleran.

Desain: Canva

Walau kamu memproduksi video, sisi desain grafis juga jangan sampai ketinggalan. Aplikasi desain grafis ini bisa berguna untuk membuat cover di video atau untuk membuat banner sebagai promosi channel gaming YouTube milikmu.

Canva sudah terkenal sebagai salah satu aplikasi desain di smartphone. Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat poster, kiriman media sosial, logo, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu merasa kurang cocok dengan Canva, kamu bisa memilih Adobe Spark sebagai alternatif aplikasi ini.

Komunitas: Discord

Aplikasi Discord memang tidak berhubungan langsung dengan produksi video. Namun, sebagai aplikasi komunitas, Discord bisa memiliki banyak manfaat.

Kamu bisa bergabung ke komunitas game official atau unofficial. Di sana, kamu bisa mendapat bahan untuk video. Misalnya jika dari kanal game resmi, kamu bisa tahu update terbaru soal game bersangkutan.

Selain itu, komunitas game di Discord biasanya menyediakan tempat untuk berbagi video. Jadi bisa sebagai salah satu media promosi juga. Alternatif lain yang bisa kamu coba adalah Telegram.

Media Sosial

Kayaknya hal satu ini sudah nggak perlu kami jelaskan lagi. Bagaimanapun selain di YouTube, kamu juga perlu memiliki media sosial lain untuk mempromosikan video.

Kamu bisa membuat Facebook Page atau Instagram Bisnis sebagai seorang gamer. Begitupun di Twitter. Bahkan kamu juga bisa membuat akun TikTok untuk ini.

Melalui media sosial, kamu bisa berbagi potongan klip atau gambar dari video YouTube yang baru kamu unggah. Jangan lupa masukkan juga alamat channel YouTube milikmu di bio.

Kalau perlu, kamu juga bisa memakai aplikasi seperti GGapp untuk membuat profil gamer. Misalnya untuk menampilkan game apa yang kamu mainkan, beserta review dan rating.

Analisa: YouTube Studio

Tentu tidak afdol kalau kamu eksis sebagai YouTuber Gaming tapi tidak memasang aplikasi YouTube Studio. Ya, karena dengan aplikasi ini kamu bisa mengedit informasi video YouTube milikmu dan memantau berapa banyak view yang kamu dapat.

    %d blogger menyukai ini: