Cara Crop Video Di Handphone Dengan Mudah

crop video di handphone

Kadang kala kita butuh untuk bisa crop video di handphone. Entah untuk menyesuaikan ukuran bidang tampilan video, memperkecil ukuran file video, atau alasan praktis lain. Untungnya, ada cara crop video yang bisa dengan mudah kamu lakukan.

Sebelum membahas caranya, ada hal yang perlu kamu ketahui. Dalam melakukan editing, istilah crop berbeda dengan trim. Crop akan memotong bidang tampilan video alias rasio. Misalnya dari ukuran 1280 x 720 px (16:9) kamu potong menjadi 720 x 720 px (1:1). Sedangkan trim akan memotong durasi video. Misalnya dari durasi 30 detik menjadi 10 detik.

Beberapa aplikasi media sosial, misalnya Instagram, bisa memotong ukuran video dalam kondisi tertentu. Tapi sayangnya tidak semua menawarkan hal ini. Kalaupun ada, cukup terbatas. Oleh karena itu, cara crop video yang fleksibel dan mudah dilakukan kadang kita butuhkan.

Cara Crop Video di Handphone

  1. Unduh, pasang, dan buka aplikasi InShot (untuk Android / iPhone).
  2. Buka video yang ingin kamu potong (pilih create new video dan pilih dari galeri).
  3. Pilih fitur ‘CROP‘ dari peralatan edit di bawah.
  4. Pilih ukuran rasio (perbandingan tinggi x lebar) di bagian bawah.
  5. Sesuaikan ukuran dan posisi potongan video dengan menggeser tanda siku di sudut video.
  6. Tekan tanda centang ✓.
  7. Tekan tombol ‘SAVE‘ untuk menyimpan video tersebut (jangan lupa pilih kualitas sesuai ukuran file yang kamu inginkan).
cara crop video di handphone

Nah, kamu sudah berhasil melakukan cropping video. Bisa kamu lihat sendiri, caranya sangat mudah. Aplikasi InShot juga memberikan kemudahan dalam bentuk pilihan yang lengkap. Tidak heran aplikasi ini termasuk aplikasi video editor terbaik.

Kalau kamu tidak ingin menggunakan aplikasi, kamu bisa menggunakan aplikasi web secara online.

Cara crop video online

  1. Kunjungi situs InVideo (kamu harus bikin akun dulu)
  2. Pilih ‘Blank Canvas’,
  3. Klik ‘Make a Video’,
  4. Unggah video (bisa dari komputer atau dari cloud)
  5. Masukkan video ke bagian ‘Build your scene’,
  6. Crop sesuai keinginan,
  7. Kalau sudah, klik ‘Download & Share,
  8. Klik ‘Export’.

Caranya juga sama-sama mudah kan? Hanya saja, konsekuensi melalui online adalah cara ini membutuhkan koneksi internet dan kamu bisa memakan kuota internet cukup besar (tergantung ukuran video).

Yah, begitulah cara crop video dengan mudah dari handphone. Dengan mengubah ukuran yang lebih sesuai, kamu bisa berbagai video lebih leluasa di mana saja. Selamat mencoba.

%d blogger menyukai ini: