Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

8 Aplikasi Video Call Populer untuk PC dan Smartphone

aplikasi video chat untuk grup houseparty
Anom Penulis

Ngobrol dengan teman memang lebih seru kalau bertemu muka. Tapi kalau tidak sempat bertemu tapi ingin saling memandang (cieee…), aplikasi video call adalah solusinya.

Dulu, aplikasi video call jarang digunakan. Saat itu teknologi masih belum bersahabat dengan kita. Video call selalu terasa berat dan mahal. Akhirnya tidak berguna.

popculture.id

Saat ini kondisi sudah jauh berbeda. Koneksi internet lebih cepat, dan biayanya sudah jauh lebih murah. Layanan panggilan video atau video call — sering juga disebut video chat dan VC — pun sudah banyak terdapat di berbagai aplikasi.

Keuntungan Panggilan Video

Melakukan panggilan video jelas punya keunggulan tersendiri dibanding sekedar cuma suara. Kamu bisa melihat sosok orang yang ngobrol denganmu. Sehingga lebih akrab jika ngobrol dengan anggota keluarga, teman, dan tentu saja pacar.

Selain itu, dengan video, kita juga bisa menunjukkan berbagai hal lain. Misalnya melihatkan apa yang sedang kita lakukan atau bahkan memberi presentasi (dengan aplikasi tertentu).

Di sisi lain, tentu video call juga punya kelemahan. Yang paling utama adalah transfer data yang berlangsung akan lebih besar dari panggilan suara.

Pastinya, dengan pertimbangan seperti ini kamu bisa memilih cara komunikasi apa yang lebih tepat sesuai kebutuhanmu.

Aplikasi Video Call Populer

Nah, mungkin kamu sudah menggunakan beberapa aplikasi untuk membuat panggilan video. Namun, di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi aplikasi, sehingga kamu tahu apa alternatif dari yang biasa kamu pakai.

Siapa tahu, aplikasi itu sedang bermasalah. Mungkin juga kamu akan menemukan sebuah aplikasi bisa punya kualitas gambar lebih bagus dibanding yang lain.

WhatsApp

video call whatsapp

WhatsApp adalah aplikasi chatting paling populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Setelah sekian lama berkutat dengan percakapan teks, akhirnya WhatsApp — yang sudah dimiliki oleh Facebook — merilis fitur voice call, dan tak lama setelah itu video call.

WhatsApp tersedia di semua platform. Mulai dari handphone sampai video call di PC atau laptop. Ketersediaannya melalui web juga memudahkan pengguna berkomunikasi secara online.


Messenger

messenger video chat di handphone

Messenger merupakan aplikasi chatting populer. Tentu saja, karena aplikasi ini tadinya melekat di Facebook. Sekarang pun masih, walau sudah punya aplikasi sendiri.

Melihat perkembangan Facebook mungkin seperti melihat perkembangan internet itu sendiri. Jadi, begitu teknologi sudah memungkinkan, Messenger pun memiliki fitur video call.

Messenger tersedia di berbagai platform, seperti Android, iPhone, dan Windows Phone. Juga bisa digunakan melalui browser di PC.


Instagram

fitur video chat Instagram

Instagram saat ini pun sudah tidak hanya bisa dipakai untuk menampilkan foto atau video saja. Tapi juga sudah bisa untuk video call (mereka menyebutnya video chat).

Kamu bisa menggunakan fitur video chat Instagram melalui halaman Pesan Direct. Dengan aplikasi media sosial populer ini, kamu bisa melalukan panggilan video sampai maksimal 6 orang.


Telegram

telegram video call

Telegram merupakan aplikasi chatting populer yang menyaingi WhatsApp. Dari sisi fitur, Telegram juga menawarkan berbagai hal dan bahkan perkembangannya lebih cepat dari WhatsApp.

Menariknya, fitur video call hadir agak terlambat (WhastApp lebih dulu punya). Walau begitu, kini kamu juga sudah bisa melakukan video call di Telegram sampai 30 orang pertama di grup yang bergabung.

Fitur video call di Telegram juga menghadirkan beberapa fitur lain, seperti screen sharing dan noise supression. Kamu juga bisa menggunakan video call di perangkat tablet dan desktop, selain di smartphone.


Microsoft Teams

microsoft teams video call

Microsoft Teams merupakan aplikasi komunikasi dari Microsoft. Awalnya, aplikasi ini hadir untuk akun bisnis (Microsoft 365). Namun kemudian Microsoft juga menawarkan Teams untuk dipakai secara gratis, bahkan menjadi aplikasi utama di Windows 11.

Dibuat untuk kepentingan pertemuan online berbasis tim, Microsoft Teams memiliki berbagai fitur yang powerful. Misalnya melakukan rapat online secara gratis selama 60 menit sampai 100 orang, penyimpanan cloud sampai 5GB per pengguna, berbagi file, dll.

Microsot Teams tersedia untuk berbagai platform, baik smartphone (Android dan iPhone), desktop (macOS, Windows), dan juga melalui browser.


Google Meet

Sama seperti Microsoft Teams, Google Meet awalnya merupakan aplikasi konferensi video untuk bisnis. Sedangkan untuk personal, Google memiliki Duo. Namun Google kemudian menyatukan keduanya di bawah Meet.

Google Meet sendiri sudah menjadi banyak pilihan untuk kepentingan pertemuan online, termasuk untuk urusan sekolah. Google Meet juga hadir di berbagai perangkat, baik smartphone, desktop, maupun di browser. Bahkan juga di aplikasi Gmail.


Line

line group video call

Berawal dari sekedar aplikasi pesan (instant messaging), LINE meraih kepopuleran karena beberapa fitur yang kemudian hadir. Seperti stiker, game, karakter Line Friends (yang sekarang punya film kartun sendiri), dll.

LINE juga menawarkan akun bisnis melalui [email protected] (Line at). LINE kemudian menambahkan fitur voice call dan video call, termasuk grup.

Aslinya, LINE tersedia untuk Android dan iPhone. Aplikasi LINE kemudian berkembang dan mendukung berbagai platform lain. Sekarang LINE sudah bisa diakses di berbagai platform, termasuk dari desktop, baik melalui aplikasi dan browser.


Skype

aplikasi video call terbaik skype

Skype merupakan veteran untuk urusan video call. Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2003. Skype sempat dibeli oleh eBay sebelum akhirnya menjadi bagian dari Microsoft.

Yang menarik, Skype berkembang dari aplikasi yang tadinya mengutamakan voice call dan video call, menjadi aplikasi yang juga bersahabat dengan obrolan lewat teks. Kebalikan dari aplikasi lain yang mulai dari teks lalu menambah fitur voice call dan video call.

Skype sering dianggap sebagai aplikasi video call terbaik. Aplikasi ini tersedia di berbagai perangkat. Mulai dari handphone (Android, iPhone), tablet (iPad, Android tablet, Windows, Kindle Fire), desktop (Mac, Windows, Linux), website (browser), sampai konsol (Xbox) dan perangkat sandangan atau wearables (Apple Watch, Android Wear).


Pilih Aplikasi Video Call Yang Mana?

Yah, sejujurnya tidak ada istilah aplikasi video call terbaik. Karena bagaimanapun ada banyak faktor yang berpengaruh. Baik kebutuhanmu maupun insfrastruktur dan koneksi jaringan.

Yang jelas, ada satu tolok ukur yang paling mudah. Kamu pasti akan menggunakan aplikasi yang juga banyak dipakai oleh anggota keluarga, teman, atau rekan kerja. Baru setelah itu kamu akan mempertimbangkan hal lainnya.

Nah, selamat memilih dan bertatap muka dengan orang lain.

    %d blogger menyukai ini: