Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Aplikasi Windows Phone dari Microsoft Garage

Anom Penulis

Microsoft Garage adalah sebuah sebuah komunitas yang terdiri dari tim developer, pegawai sampai pekerja magang di Microsoft. Mereka melakukan eksplorasi ide, bahkan yang paling liar sekalipun, dan mewujudkannya dalam proyek nyata. Output-nya seringkali adalah aplikasi yang unik, dengan sudut pandang berbeda, atau dengan fungsi yang sebelumnya mungkin belum terpikirkan. Yang menarik, proyek-proyek dari Garage bukanlah melulu berbasis produk atau layanan Microsoft, seperti Windows, Windows Phone atau Xbox. Tapi juga platform lain seperti iOS dan Android.

Salah satu aplikasi yang pernah diluncurkan beberapa waktu lalu adalah Snipp3t untuk iOS. Sebuah aplikasi untuk mengintip kehidupan para selebritis dari berbagai sumber. Belum lama ini, Microsoft Garage juga meluncurkan beberapa aplikasi lain, seperti Journey & Notes (aplikasi jejaring sosial berbasis lokasi dan perjalanan) dan Next Lockscreen (aplikasi lockscreen dengan widget) untuk Android, dan Torque untuk Android Wear (goyangkan lengan untuk mengaktifkan voice command).

popculture.id

Lalu bagaimana dengan aplikasi Windows Phone dari Microsoft Garage? Tentu saja ada. Dari sekian banyak aplikasi cross-platform yang diluncurkan, ada setidaknya 9 aplikasi Windows Phone. Hanya saja, aplikasi-aplikasi tersebut baru tersedia untuk region Amerika Serikat.

CityZen

CityZen merupakan aplikasi untuk melaporkan ketidaknyamanan warga kota atau kerusakan fasilitas kota. Aplikasi ini memanfaatkan fitur dari Bing Maps dan lokasi. Ide yang menarik dan berguna supaya kota yang kita tinggali jadi lebih baik.

Kira-kira, kalau aplikasi ini tersedia di Indonesia, akan berpengaruh nggak ya? 😀

Collaborate

Collaborate adalah aplikasi untuk berbagi gambar atau tulisan yang bisa dilihat oleh kita dan teman-teman kita. Untuk bisa melihat share tersebut akan ada session ID sebagai pengenal. Cukup berguna untuk berdiskusi dengan rekan kerja.

Floatz

Floatz adalah aplikasi jejaring sosial untuk mengutarakan pendapat atau berbagi ide dengan orang-orang di sekitar kita. Kita juga bisa bertanya pada local youth atau akamsi (anak kampung sini) 😀 di sebuah tempat soal kafe yang enak buat nongkrong. Kalau belum punya bayangan, aplikasi ini mungkin seperti Yik Yak.

Lost Turtle

Lost Turtle merupakan sebuah game platformer. Di sini kita akan mengontrol seekor kura-kura bernama Walter melewati berbagai halangan dibantu dengan jetpack-nya. Petualangan bersama Walter akan membawa kita terbang atau menyelam di berbagai tempat.

Nova Bacon

Nova Bacon adalah sebuah game aksi tempat kita mengatur sebuah restoran cepat saji di luar angkasa. Sebagai alien, kita akan mengambil babi sebagai bahan makanan di bumi, sekaligus bertahan dari serangan makhluk bumi yang tidak suka dengan tindakan kita. Upgrade senjata seiring berkembangnya permainan untuk meningkatkan kemampuan.

ReachMe

ReachMe adalah sebuah aplikasi untuk berbagi lokasi. Mungkin mirip seperti Glympse. Di sini kita bisa menerima lokasi teman kita atau mengirim lokasi tempat kita berada dengan mudah. Bahkan kita bisa mengirim live location dengan pengaturan waktu saat kita berada di tempat tersebut.

SoundStack

SoundStack adalah aplikasi untuk membuat musik. Uniknya aplikasi ini memanfaatkan gestur dan kamera ponsel Windows Phone. Pilih alat musiknya, lalu ikuti cara penggunaannya. Kita bisa melakukan swipe untuk memainkan nada, menggoyangkan ponsel untuk memainkan drum, atau menggunakan kamera untuk menghasilkan suara. Kita juga bisa merekamnya dan membaginya di jejaring sosial seperti SoundCloud.

Tetra Lockscreen

Sebelumnya kita sudah diberi Live Lockscreen beta. Microsoft Garage juga menghasilkan aplikasi Next Lockscreen untuk Android. Tapi ada yang mirip dengan Next Lockscreen untuk Windows Phone. Namanya Tetra Lockscreen.

Dengan aplikasi ini kita bisa memfungsikan lock screen kita dengan beberapa widget aplikasi lain, yaitu kalender, lokasistop watch dan kalau ponsel kita mendukung sensor core, juga ada activity tracker. Lebih fungsional dan lebih WOW daripada Live Lockscreen.

Work Item Studio

Work Item Studio adalah sebuah aplikasi pendukung Visual Studio. Dengan aplikasi ini kita bisa mengakses, mengedit, bahkan membuat proyek saat tidak di depan komputer. Aplikasi ini memanfaatkan Visual Studio Online sebagai basisnya.

Sekali lagi, aplikasi-aplikasi di atas masih baru tersedia di region Amerika Serikat. Yah, mungkin karena sebenarnya aplikasi tersebut masih dikembangkan dan menyesuaikan kebutuhan. Kita diberi kesempatan mengintip ide-ide apa saja yang beredar di dalam Microsoft melalui komunitas Garage ini.

Untuk saya pribadi, hal-hal semacam ini sangat menarik karena aplikasi-aplikasi ini dikembangkan seliar mungkin tapi juga berusaha mendekati kebutuhan kita. Di masa mendatang, akan banyak kebutuhan yang menuntut aktivitas yang cepat dan bisa segera dilaksanakan. Apakah oleh kita sendiri maupun dengan teman-teman. Apalagi ditambah dengan akan selarasnya sistem operasi Windows dengan Windows 10 mendatang.

Sebelum ini kami pernah bertanya tentang aplikasi apa saja yang ingin ada di region Indonesia. Tapi yang lebih penting lagi, aplikasi apa saja yang kalian inginkan untuk membantu kalian di kehidupan sehari-hari, sesuai kegiatan atau profesi kalian masing-masing?

    %d blogger menyukai ini: