iPhone 13 Series Punya Notch Kecil dan Fitur Kamera Baru

iphone 13

iPhone 13 akhirnya hadir secara resmi beserta versi Mini di Apple Event pada tanggal 15 September 2021 (WIB). iPhone terbaru ini membawa desain dan beberapa fitur menarik.

Walau memakai nomor seri “13”, sebenarnya tidak terlalu banyak perubahan pada ponsel terbaru Apple ini. Jadi pembaruannya mungkin lebih senada dengan iPhone dengan seri “S”.

Perubahan Desain

Dari sisi desain, perubahan yang nampak adalah notch di layar yang lebih kecil dari apa yang diperkenalkan oleh iPhone X. Lalu perubahan juga ada di letak kamera pada versi standar dan mini yang sekarang punya posisi diagonal. Sementara desain kamera versi Pro dan Pro Max masih relatif sama.

Chipset A15 Bionic

Seperti biasa, ada iPhone baru berarti juga ada chipset baru. Chipset ini adalah A15 Bionic. Walau masih menggunakan proses 5nm dan punya 6 core seperti pendahulunya, Apple menyebutkan kalau A15 Bionic lebih cepat 50% dari kompetitor.

Selain itu, Apple juga menyatakan kalau chipset baru ini memberikan efisiensi daya lebih. iPhone 13 menawarkan daya 2,5 jam lebih panjang dibanding iPhone 12 (versi Pro Max punya perbandingan yang sama dengan ini), dan iPhone 13 Mini menawarkan daya 1,5 jam lebih panjang dari iPhone 12 Mini (versi Pro punya perbandingan yang sama dengan ini).

Fitur Kamera Baru

Selain desain dan chipset, pembaruan lain yang menarik ada di kamera. Misalnya, semua iPhone 13 memiliki ukuran pixel di sensor yang lebih besar.

Lalu versi standar dan versi mini mewarisi fitur kamera iPhone 12 Pro Max, yaitu Sensor-shift Stabilization. Sementara versi Pro dan Pro Max, sistem kamera baru menghadirkan fitur makro, termasuk untuk video slo-mo dan time-lapse, tanpa lensa makro.

Selain itu, Apple memperkenalkan fitur “Photographic Styles” yang memungkinkan kamu mengganti nuansa foto saat memotret. Seperti nuansa “Rich Contrast”, “Vibrant”, “Warm”, atau “Cool.”

Yang lebih menarik lagi, Apple juga memperkenalkan fitur “Cinematic Mode.” Dengan mode ini, kamera iPhone 13 bisa mengenali obyek dan memindah fokus, baik secara otomatis maupun kamu kontrol. Perubahan ini bisa kamu lakukan pada saat merekam video atau ketika melakukan editing.

Layar ProMotion

Semua iPhone 13 Series memiliki layar Super Retina XDR. Tapi, seperti yang sudah dirumorkan sebelumnya, iPhone 13 Pro dan Pro Max kini memiliki layar ProMotion.

Layar ini memberikan refresh rate yang adaptif dari 10Hz sampai 120Hz. Artinya, refresh rate akan menyesuaikan penggunaan. Dengan begitu, bisa menghadirkan animasi mulus namun tetap hemat daya.

Pilihan Warna Baru

Ada pilihan warna baru di jajaran iPhone 13. Versi standar dan versi mini memiliki pilihan warna: pink, blue, midnight, starlight, dan (PRODUCT)RED. Sedangkan versi Pro dan Pro Max memiliki pilihan warna: graphite, gold, silver, dan sierra blue.

warna iphone 13
warna iphone 13 pro

Ketersediaan

Ketersediaan jajaran lini iPhone 13 akan berbeda menurut wilayah. Beberapa negara bisa mulai mendapatkannya pada tanggal 24 Septermber. Sementara di beberapa negara lain baru akan mulai tersedia pada tanggal 1 Oktober.

Kemudian, walau tidak menyebutkannya secara spesifik di dalam acara, Apple menyatakan kalau iOS 15 akan tersedia sebagai upgrade gratis mulai tanggal 20 September 2021. Tentu, iPhone terbaru sudah akan hadir dengan sistem operasi ini.

Untuk informasi lebih detil, kamu bisa mengunjungi situs Apple.

%d blogger menyukai ini: