Jajaran iPhone 12 Punya Wireless Charger MagSafe dan Layar Keramik

iphone 12

Pada Apple Event tanggal 13 Oktober 2020, Apple memperkenalkan 4 varian iPhone 12, termasuk versi Pro dan Pro Max, juga versi Mini sebagai varian baru.

Apple menyebut kalau generasi ke-12 ini merupakan era baru untuk smartphone mereka. Terutama karena memiliki berbagai teknologi baru di dalamnya.

Yang Baru di Jajaran iPhone 12

Semua varian iPhone 12 kini mendukung jaringan 5G. Bahkan Apple menyebut kalau smartphone baru mereka mendukung jaringan 5G paling luas di seluruh dunia. Termasuk dukungan untuk mmWave, frekuensi tertinggi jaringan 5G.

Lalu, semuanya juga menggunakan chipset terbaru A14 Bionic. Chipset ini merupakan yang pertama di dunia yang memakai proses 5nm. Di dalam chipset ini juga terdapat Neural Engine 16-core untuk teknologi machine learning.

Selain itu, iPhone terbaru ini memakai layar Super Retina XDR yang mendapat perlindungan dari Ceramic Shield. Apple menyebutkan bahwa lapisan kristal keramik berukuran nano ini mampu meningkatkan ketahanan sampai 4x lipat.

Sayangnya, seperti rumor yang sebelumnya beredar, smartphone baru Apple ini tidak akan mendapat charger di dalam paket penjualan. Alasannya adalah demi lingkungan dan lagi pula sudah ada banyak charger tersedia.

Di sisi lain, Apple membawa pengisi daya nirkabel yang dilengkapi magnet, yaitu MagSafe. Kalau kamu ingat, MagSafe adalah sebutan untuk pengisi daya yang dulu menjadi standar Macbook (sebelum berganti ke USB type-C).

iPhone 12 dan Versi Mini

iPhone 12 dan versi Mini-nya boleh disebut sebagai versi standar. Keduanya memiliki spesifikasi yang sama dan hanya berbeda pada ukuran saja. iPhone 12 memiliki layar 6,1 inci dan versi Mini punya layar 5,4 inci.

iphone 12 mini dan iphone 12

Kedua smartphone ini kini memiliki sistem kamera baru yang memiliki fitur computational photography yang lebih baik dari chipset A14 Bionic. Kameranya sendiri merupakan kamera ganda, yaitu ultra wide dan wide. Computational photography ini membawa fitur Night Mode dan Deep Fusion lebih baik di semua kamera, dan membawa video HDR dengan Dolby Vision.

Keduanya sama-sama tersedia dalam pilihan warna hitam, putih, hijau, biru (warna baru), dan (PRODUCT)RED, juga dalam pilihan kapasitas penyimpanan 64GB, 128GB, dan 256GB. iPhone 12 akan memiliki harga mulai dari $799, dan versi Mini memiliki harga mulai dari $699. Waktu ketersediaannya beragam, mulai dari tanggal 16 Oktober 2020 dan wilayah lain mulai 30 Oktober 2020.

iPhone 12 Pro dan versi Max

iPhone 12 Pro dan versi Max memiliki spesifikasi utama yang sama dengan kedua versi standar. Tentu saja sebagai versi Pro, kedua smartphone ini memiliki fitur yang lebih.

Dari segi ukuran, iPhone 12 Pro sama dengan versi standar yaitu 6,1 inci. Sedangkan iPhone 12 Pro Max memiliki ukuran 6,7 inci. Kedua ponsel ini memiliki rangka stanless steel, berbeda dengan versi standar yang memakai aluminium.

Mudah kita duga, yang membedakan kedua ponsel ini dengan yang sebelumnya ada di bagian kamera. Salah satunya adalah adanya dukungan format foto baru, ProRAW. Namun ada perbedaan di antara keduanya.

iPhone 12 Pro memiliki 3 kamera. Pertama, kamera wide dengan bukaan f/1.6. Kedua, ultra wide dengan sudut gambar 120ยบ. Ketiga, kamera telephoto 52mm. Untuk versi Max, ada peningkatan fitur di kameranya. Kamera wide-nya punya sensor lebih besar 47% dan kamera telephoto-nya punya ukuran 65mm.

Dari sisi pengolahan gambar dan video, versi Pro dan Pro Max juga mendukung computational photography dan Dolby Vision. Bahkan Night Mode juga bisa kamu pakai di kamera TrueDepth (kamera depan) dan ultra wide.

Kemudian, seperti rumor yang beredar, kedua varian yang lebih canggih ini juga mendapat tambahan LiDAR scanner. Sensor ini mampu mengukur jarak jangkauan cahaya. Dengan begitu bisa membuat detil foto, video, dan teknologi AR lebih realistis.

kedua ponsel ini tersedia dalam pilihan 128GB, 256GB, dan 512GB dan dalam pilihan warna graphite, silver, gold, dan pacific blue. iPhone 12 Pro akan memiliki harga mulai $999 dan versi Max akan punya harga mulai $1099.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: