Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Selamat Tinggal! Apple Hentikan Produksi iPod Setelah 20 Tahun

Indri Penulis

Apple resmi hentikan produksi iPod setelah 20 tahun. Sekarang sudah saatnya kita ucapkan selamat tinggal buat produk Apple yang legend banget ini.

iPod adalah benda idaman banyak orang, terutama buat penggila musik. Pemutar musik portabel yang satu ini telah menemani penggila musik selama 20 tahun, dan sempat menjadi barang mewah pada zamannya.

Sayangnya sekarang kita harus ucapkan selamat tinggal buat iPod. Pasalnya berdasarkan pengumuman resminya baru-baru ini, Apple mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan produksi iPod Touch, model pemutar musik portabel terakhir yang tersisa saat ini. Apple masih akan tetap menjual iPod Touch ‘selama persediaan masih ada.’

Dalam pengumumannya Apple mengatakan walau mereka sudah nggak memproduksi iPod lagi, tapi ‘semangat iPod akan tetap hidup’ di semua perangkatnya yang memutar musik seperti iPhone, iPad dan HomePod Mini.

apple hentikan produksi ipod

Hilangnya iPod sama saja bakal menandai ‘akhir dari sebuah era.’ Seperti yang saya sebutkan tadi, Apple memperkenalkan iPod generasi pertama lebih dari 20 tahun lalu.

Model iPod asli dibekali FireWire yang hanya berfungsi sebagai pemutar musik portabel. Apple membuat model iPod yang eksklusif untuk mendengarkan audio sampai tahun 2017, tepatnya saat produksi iPod Nano dan Shuffle dihentikan.

Setelah tahun 2017, Apple mendebutkan iPod Touch. Nggak berselang lama, iPod Touch menjelma menjadi pemutar musik klasik baru idaman banyak orang. Pemutar musik ini punya desain yang mirip dengan ponsel iPhone, sehingga cocok buat orang yang menginginkan pengalaman penggunaan seperti iPhone.

Seiring berjalannya waktu, iPod seolah makin dilupakan oleh Apple. Apple makin rajin mendebutkan iPhone generasi baru, namun mereka mulai jarang merilis iPod generasi baru. Hal tersebut seperti memperjelas kalau Apple tak ingin menghabiskan banyak waktu buat iPod.

Baca Juga:  Monitor Apple Studio Diplay: “Si Pelengkap Sempurna” Buat Mac Studio

Tapi kalau dipikir-pikir, nggak salah juga kalau Apple lebih fokus ke produk iPhone dibanding iPod. Apalagi zaman sekarang aktivitas streaming musik bisa dilakukan di mana saja, orang-orang pasti ogah kalau disuruh bawa ponsel dan pemutar musik secara terpisah.

Kalau iPhone sudah bisa dipakai mendengarkan musik sepuasnya, ngapain masih harus pakai iPod? Nah, betul juga nggak sih?

Sementara itu, walaupun Apple memutuskan untuk hentikan produksi iPod, tapi kita mungkin akan tetap bisa melihat proyek modifikasi iPod dari para penggemar, atau pengalaman website yang dirancang untuk membangkitkan perasaan nostalgia penggemar kepada iPod.

Nah, sebenarnya, saat ini justru waktu yang tepat untuk beli iPod!