Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Lebih Lega, Apple Siap Ganti Slot SIM Card iPhone dengan eSIM Pada Tahun 2023

Indri Penulis

Rumor terbaru mengatakan jika Apple bakal ganti slot SIM card di iPhone dengan eSIM pada tahun 2023. Baca di sini buat tahu detilnya.

Percaya nggak percaya, seiring bertambahnya waktu Apple sepertinya terus berusaha untuk meringkas desain iPhone. Bahkan kabar ini sudah berhembus sejak tahun lalu.

popculture.id

Gosip pertama dimulai dari desain layarnya. Kalau jajaran iPhone 13 Series masih pakai notch atau poni, kabarnya jajaran iPhone 14 Series bakal pakai punch-hole (seperti Samsung Galaxy S21 Series). Otomatis tampilan layar iPhone bakal terlihat lebih bersih dan longgar.

Sekarang muncul lagi gosip terbaru soal iPhone generasi berikutnya. Dengar-dengar Apple kembali berencana meringkas bodi iPhone generasi berikutnya dengan cara menghilangkan slot SIM card. Sebagai gantinya, iPhone masa depan hanya akan mengandalkan eSIM.

Sumber : VnExpress

Kabar ini pertama kali dibeberkan oleh situs 9to5Mac. Situs tersebut mengatakan kalau Apple telah berdiskusi dengan operator di AS, dan Apple menyarankan agar mereka mempersiapkan eSIM khusus smartphone.

Konon eSIM tersebut akan hadir pada September 2022, dan Apple bakal langsung melakukan uji coba pada iPhone terbarunya. Kalau uji coba berhasil, kemungkinan kita akan melihat eSIM debut di jajaran iPhone 15 Series pada tahun 2023.

Lebih lanjut, informasi tersebut kemudian dikuatkan oleh leaker terpercaya Apple, @dylandkt di Twitter.  @dylandkt mengatakan kalau cepat atau lambat Apple bakal segera menghapus slot SIM card dari bodi iPhone, dan mereka juga akan melakukan tes uji coba internal.

https://twitter.com/dylandkt/status/1475524776684892167?s=20

Sementara itu, penghapusan slot SIM card dari smartphone memang akan menyajikan beberapa keuntungan, khususnya dari segi manufaktur.

Pertama, mekanisme untuk memasukkan atau mengeluarkan SIM card dari slotnya nggak perlu dilakukan lagi. Selain itu dengan tidak adanya slot SIM card, bagian dalam iPhone akan terasa lebih longgar dan mungkin bisa dipakai untuk menaruh komponen lainnya.

Hilangnya slot SIM card juga akan menyederhanakan proses produksi bingkai ponsel. iPhone juga akan lebih mudah menahan air dan debu dari bagian dalam ponsel.

Dengan hilangnya jack headphone Apple dan pengadopsian aksesoris MagSafe dalam beberapa tahun terakhir, Apple bakal semakin dekat dengan โ€˜iPhone tanpa portโ€™ jika benar-benar menghapus slot SIM card di masa depan.

    %d blogger menyukai ini: