Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Apple Umumkan MacBook Pro 13 Baru di Tahun 2020

Anom Penulis

Apple sudah mengumumkan laptop MacBook Pro 13 terbaru di tahun 2020. Laptop terbaru Apple ini memiliki performa lebih cepat, kapasitas penyimpanan lebih besar, dan memakai Magic Keyboard.

Suka atau tidak, harus kita akui MacBook Pro adalah salah satu laptop yang populer. Walau tidak sepopuler iPhone sebagai sebuah perangkat, laptop ini memiliki basis penggemar yang kuat.

popculture.id

Berbeda dengan iPhone yang tiap tahun punya model baru dan heboh, laptop MacBook lebih kalem dan jarang memberi “inovasi”. Biasanya hanya peningkatan minor di sisi spesifikasi. Lalu, apa yang ditawarkan oleh Apple melalui MacBook Pro 13 di tahun 2020 ini?

Spesifikasi MacBook Pro 13

Laptop ini kini dipersenjatai dengan prosesor Intel Core generasi 10 dengan Turbo Boost sampai 4,1GHz. Bersama dengannya juga hadir kartu grafis terintergrasi Intel Iris Plus Graphics yang mampu menangani proses edit video berkualitas 4K. Bahkan mampu terhubung dengan monitor Pro Display XDR pada kualitas resolusi 6K.

Prosesor ini dipasangkan dengan RAM 3733MHz sebesar 16GB dan pilihan 32GB pada model tertentu. Sedangkan kapasitas penyimpanannya hadir mulai dengan 256GB SSD dengan pilihan sampai 4TB pada model tertentu.

macbook pro 13 2020
edit video di MacBook Pro 13 baru

MacBook Pro ini memiliki layar 13 inci Retina display yang mendukung kecerahan gambar sampai 500 nits dan color gamut P3. Ditambah teknologi TrueTone, Apple menyebut layar laptop ini bisa menampilkan warna natural, terutama untuk desain dan editing.

Selain itu, laptop ini juga memiliki colokan Thunderbolt 3 / USB-C dan audio 3,5mm. Tentu TouchBar juga kembali hadir beserta otentikasi biometrik TouchID.

Magic Keyboard

Salah satu hal menarik dari MacBook Pro 13 tahun 2020 ini adalah pemakaian Magic Keyboard. Mekanisme keyboard ini menjadi standar baru laptop Mac mulai dari MacBook Pro 16 dan MacBook Air baru. Magic Keyboard menggantikan Butterfly Keyboard yang hadir di MacBook 2015 dan dianggap gagal.

Magic Keyboard

Magic Keyboard ini memakai rancangan mekanisme “gunting” yang diperbarui, dengan jarak 1mm di antara tuts agar bisa dipakai lebih nyaman. Apple juga memperbaiki tombol arah dan memasang tombol “Esc” bersama TouchBar dan Touch ID.

Harga dan Ketersediaan

MacBook Pro 13 2020 ini tersedia mulai dengan harga $1299 (di Amerika). Harap dicatat kalau versi dengan harga paling rendah itu tidak menggunakan prosesor Intel Core generasi 10. Spesifikasi yang lebih tinggi tentu memiliki harga yang lebih tinggi pula.

Laptop ini sudah bisa dipesan di situs resmi Apple. Ketersediaan di Apple Store dan Apple Authorized Reseller akan hadir menyusul mulai minggu ini.

    %d blogger menyukai ini: