Resmi Diumumkan, Begini Spesifikasi MacBook Pro 16-inci

Apple telah mengumumkan MacBook Pro 16-inci. Lalu seperti apa penampakan dan spesifikasi MacBook Pro 16-inci? Simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

Katakan selamat tinggal untuk MacBook Pro lama. Kenapa begitu? Sebab Apple telah meluncurkan MacBook Pro 16-inci dengan keyboard baru.

Beberapa waktu lalu penggemar MacBook Pro digegerkan dengan rumor tentang MacBook Pro 16-inci. Rupanya rumor tersebut benar adanya.

Pada tanggal 13 November 2019, Apple resmi mengenalkan MacBook Pro 16-inci ke publik. Laptop ini akan menggantikan jajaran MacBook Pro 15-inci.

Uniknya, laptop 16-inci ini dibekali keyboard baru bernama ‘Magic Keyboard.’ Keyboard tersebut akan menggantikan ‘Butterfly Teyboard’ yang selama ini dianggap sering bermasalah.

Sumber Gambar : Mobile Review

Apa Saja yang Ada di MacBook Pro 16-inci?

Laptop 16-inci ini diperkenalkan bersama dengan keyboard baru. Selain itu, laptop ini didesain dengan layar lebih besar, desain termal lebih baik, dan perubahan bentuk di sana-sini.

Oke, pertama saya akan membahas soal peningkatan utama. Apple menghadirkan keyboard baru bernama ‘Magic Keyboard’ ke MacBook Pro terbaru.

Menariknya, Apple telah menambahkan tombol ‘Esc’ fisik ke keyboard tersebut. Seperti yang kita ketahui, sebelumnya ‘Esc’ terletak di Touch Bar.

Sumber Gambar : CNET

Sementara itu, tombol panah dibuat lebih renggang dalam desain ‘T’ terbalik. Hal tersebut dimaksudkan supaya pengguna bisa membedakan masing-masing tombol.

Untuk desain termal, Apple telah memperpanjang bilah kipas pendingin. Hal ini membuat MacBook Pro baru punya ventilasi 28% lebih besar dari pendahulunya.

Heatsink MacBook Pro baru punya ukuran 35% lebih besar dari sebelumnya. Ini membuat pembuangan panas MacBook Pro baru lebih baik dibanding model 15-inci.

Spesifikasi MacBook Pro 16-inci

Laptop 16-inci ini hadir dalam dua varian. Setiap model bisa dikonfigurasi lebih lanjut di bagian CPU, GPU, penyimpanan dan memori.

Spesifikasi untuk Varian Dasar

  • CPU: 6-core 9th Gen Intel Core i7 processor clocked at 2.6 GHz (Turbo Boost up to 4.5 GHz)
  • GPU: AMD Radeon Pro 5300M with 4 GB of GDDR6 memory
  • Memory: 16 GB of DDR4 RAM
  • Storage: 512 GB SSD
  • Display: 16-inch IPS LED-backlit Retina display (3072 x 1920)
  • Battery: 100 WHr

Spesifikasi untuk Varian Lebih Tinggi

  • CPU: 8-core 9th Gen Intel Core i9 processor clocked at 2.3 GHz (Turbo Boost up to 4.8 GHz)
  • GPU: AMD Radeon Pro 5500M with 4 GB of GDDR6 memory
  • Storage: 1 TB SS

Harga dan Ketersediaan

Laptop 16-inci ini sudah bisa dipesan dari tanggal 13 November 2019 di situs Apple.com. Sementara itu, laptop ini akan tersedia di toko pada tanggal 15 November 2019.

Model standar laptop ini dibanderol dengan harga $2.399 atau sekitar Rp 33,7 juta. Sedangkan untuk model lebih tinggi dibanderol dengan harga $2.799 atau sekitar Rp 39,4 juta.