Apple Sudah Mempersiapkan Chipset Mac Sampai 2 Generasi Mendatang

Anom Penulis

Sebuah bocoran muncul di internet, memberi informasi kalau Apple sudah mempersiapkan chipset untuk Mac sampai 2 generasi mendatang. Bocoran ini menunjukkan nama kode untuk masing-masing chipset.

Saat ini generasi pertama chipset Apple Silicon sudah bergulir. Kita sudah mengetahui ada chipset M1, M1 Pro, dan M1 Max. Generasi pertama ini sudah menunjukkan taringnya dalam berbagai benchmark. Namun generasi berikutnya disebut akan lebih powerful lagi.

Bocoran ini hadir dari The Information. Mereka mendapatkan informasi dari orang dalam yang tahu soal rencana Apple ini.

Sebelum masuk ke chipset generasi kedua, Apple dikabarkan masih akan merilis satu chipset generasi pertama yang lebih kuat lagi. Chipset ini punya kode nama “Jade”, akan memiliki lebih banyak core daripada M1 Max, dan akan dipakai untuk komputer Mac Pro

Chipset Apple M1 Pro dan M1 Max

Chipset generasi kedua disebut masih akan berbasis arsitktur dengan proses 5nm. Kabarnya,, chipset generasi kedua Mac ini sudah selesai dalam tahap perancangan dan siap masuk uji coba produksi.

Yang pertama masih akan memiliki cetakan yang mirip dengan yang ada saat ini, dan akan dipakai di MacBook Air mendatang. Chipset ini memiliki kode nama “Staten.” Yang kedua akan lebih powerful, punya kode nama “Rhodes,” dan akan dipakai di MacBook Pro mendatang.

Generasi ketiga chipset buatan Apple disebut juga sudah dipersiapkan. Generasi ini disebut akan menggunakan arsitektur dengan proses 3nm. Menariknya chipset seri A untuk iPhone nantinya juga akan memakai proses yang sama.

Ada tiga variasi di generasi ketiga dengan kode nama: “Ibiza,” “Lobos,” and “Palma.” Chipset “Ibiza” akan dipakai di MacBook Air dan iPad, sedangkan “Lobos” dan “Palma” akan dipakai untuk MacBook Pro dan “Mac Desktop.”

Jadi bisa kita lihat kalau Apple memang sudah mantap dengan chipset rancangan mereka. Tentu akan menarik melihat perkembangan dan persaingan yang terjadi di masa depan. Terutama melihat jawaban dari perusahaan semikonduktor seperti Intel dan AMD.

    %d blogger menyukai ini: