Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apple Umumkan Chipset Baru M1 Pro dan M1 Max

Chipset Apple M1 Pro dan M1 Max
Anom Penulis

Ternyata bocoran chipset terbaru Apple itu benar adanya. Pada Apple Event “Unleashed”, Apple mengumumkan chipset terbaru mereka, M1 Pro dan M1 Max.

Dengan keduanya, Apple memperkenalkan arsitektur system-on-a-chip (SoC) untuk pertama kalinya pada komputer berkelas profesional. Dua chipset ini memiliki unified memory (memori gabungan), performa per Watt yang tinggi, efisiensi daya, dan peningkatan bandwith juga kapasitas pada memori.

M1 Pro

Menggunakan teknologi proses 5nm, M1 Pro memiliki CPU 10-core, dengan delapan core untuk performa tinggi dan dua core untuk efisiensi tinggi. Total, terdapat 33, 7 milyar transistor di dalamnya, 2X lebih banyak daripada chipset M1.

Apple menyebutkan kalau CPU ini bekerja 1,7 kali lebih cepat daripada keping 8-core pada PC atau laptop biasa (ada konsumsi daya yang sama). CPU ini juga mampu mencapai puncak performa dengan konsumsi daya 70% lebih efisien.

chipset Apple M1 Pro

Lalu, chipset M1 Pro juga memiliki GPU sampai 16-core. Untuk kemampuannya, Apple mengatakan GPU ini 2X lebih cepat dari yang ada di chipset M1 dan 7X lebih cepat dari GPU terintegrasi pada prosesor 8-core untuk PC dan laptop biasanya.

Di samping itu, M1 Pro juga memiliki memori gabungan sampai 32GB yang memiliki kecepatan bandwidth mencapai 200GB/s.

M1 Max

Apple juga membuat chipset M1 Max sebagai CPU 10-core, sama seperti M1 Pro. Namun, Apple menyematkan GPU 32-core pada chipset ini (4X lebih cepat dari M1). Dengan total 57 milyar transistor, M1 Max merupakan chipset terbesar yang Apple buat.

Apple menyebutkan kalau performa M1 Max sebanding dengan laptop profesional biasa yang memakai GPU high-end namun memiliki konsumsi daya 40% lebih efisien. Lalu dengan performa yang sama dengan laptop profesional yang memakai GPU paling canggih, chipset M1 Max menggunakan daya 100 Watt lebih rendah.

Baca Juga:  AirPods Pro Gen 2 Diumumkan, Kini Punya Fungsi Kontrol Sentuh

Dukungan ProRes

Pada chipset M1 Pro dan M1 Max, Apple juga memasang media engine untuk pengolahan media, sehingga membantu pemrosesan video namun tetap hemat daya.

Di samping itu, chipset M1 Pro juga memiliki akselerator codec ProRes, sehingga pengguna bisa mengolah video 4K dan 8K hanya dengan sedikit daya. Sedangkan M1 Pro punya kemampuan lebih dengan 2 akselerator ProRes.

Melengkapi semuanya, chipset M1 Pro dan Max punya display engine sehingga komputer Mac bisa dipakai bersama beberapa monitor eksternal sekelas Pro Display XDR sekaligus.

Apple meluncurkan dua chipset ini bersama MacBook Pro baru. Tentu akan menarik melihat benchmark-nya nanti kalau laptop itu sudah beredar di pasar. Apakah memang bisa bersaing atau mengalahkan laptop profesional yang ada saat ini?

Kita tunggu.