iOS 15 Meluncur untuk iPhone & Ini Fitur Serunya

ios 15

Apple sudah meluncurkan update sistem operasi iPhone terbaru, iOS 15. Bersama pembaruan ini, datang beberapa fitur baru yang menarik, namun ada pula yang belum hadir.

Pada acara WWDC 2021, Apple mengumumkan generasi terbaru sistem operasi iPhone. Ada banyak fitur baru di iOS 15 ini. Seperti mode potret dan SharePlay di FaceTime, Fokus, Ringkasan Notifikasi, dll.

iOS 15 mulai tersedia di Indonesia pada tanggal 21 September 2021 pada jam 00:00. Sekedar gambaran, di iPhone 8 Plus, update ini memiliki ukuran 2,66GB.

update ios 15 iphone

Sayangnya saat rilis, tidak semua fitur itu tersedia. Baik karena belum siap, maupun karena batasan wilayah. Untuk itu, mari kita lihat beberapa fitur menarik yang hadir di iPhone dari iOS 15 ini.

Beberapa Fitur Seru iOS 15 Yang Tersedia

Fokus

Kini kamu bisa memilih dan mengatur profil fokus beserta kontak dan aplikasi yang bisa muncul pada profil bersangkutan melalui Pusat Kontrol. Dengan begitu kontak dan aplikasi yang berpotensi mengganggu tidak akan muncul.

Secara bawaan, Apple menawarkan beberapa profil Fokus, seperti: Jangan Ganggu, Kantor, Pribadi, Tidur, Berkendara, Bermain Game, Kebugaran, Kesadaran, dan Membaca. Kamu juga bisa menambah profil baru sesuai keinginanmu.

Tampilan Safari Baru

Kini browser Safari memiliki tampilan baru dengan kotak alamat di sebelah bawah. Hal ini akan memudahkan pengguna mengisi alamat dan berpindah website (geser kotak alamat). Tapi kalau kamu tidak suka, kamu tetap bisa memilih kotak alamat di atas.

Selain itu, kamu juga bisa mengelompokkan beberapa tab dalam satu grup. Misalnya untuk website berita yang sering kamu baca. Lalu Safari di iOS 15 juga sudah mendukung ekstensi.

Integrasi Pesan dengan Aplikasi Lain

Aplikasi Pesan (iMessage) kini memiliki integrasi yang lebih baik dengan aplikasi lain (aplikasi dari Apple). Kalau kamu mengirim alamat website, film dan serial Apple TV+, lagu dari Apple Music, dll di aplikasi Pesan, kiriman itu akan muncul di aplikasi bersangkutan.

Ringkasan Pemberitahuan

Kalau kamu capek dengan banyaknya notifikasi di iPhone, iOS 15 akan membantumu lewat fitur Ringkasan Pemberitahuan. Dengan fitur ini, kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang notifikasinya akan ditunda dan menentukan jadwal munculnya notifikasi itu dalam bentuk ringkasan.

Otentikasi 2 Faktor

Kini iPhone mendukung otentikasi 2 faktor (2FA) untuk masuk ke berbagai aplikasi. Misalnya kamu mengaktifkan 2FA untuk akun Instagram, kamu bisa mendapatkan kode verifikasi langsung dari iPhone.

Live text

Kini aplikasi Foto dan Kamera mendukung pengenalan teks. Fitur ini bisa mengenali informasi nomor telepon, alamat email, tanggal, alamat, juga bisa melakukan terjemahan. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk beberapa perangkat iPhone, seperti iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, dan yang lebih baru.

Fitur Yang Belum Hadir

Seperti yang sudah disebut di atas, ada beberapa fitur seru yang sayangnya belum hadir. Entah karena memang belum siap maupun karena keterbatasan wilayah.

SharePlay yang menjadi fitur unggulan dan memungkinkan kamu berbagi musik atau tontonan secara langsung di FaceTime belum tersedia. Fitur ini disebut baru akan mulai bergulir pada akhir musim gugur.

Fitur tampilan 3D pada aplikasi Peta juga belum tersedia secara umum. Alasannya adalah fitur ini baru menghadirkan dukungan tampilan 3D untuk kota tertentu, seperti San Francisco, Los Angeles, New York dan London.

Lalu, iOS 15 juga mengijinkan kamu menyimpan kartu identitas di aplikasi Dompet (Wallet). Namun, sekali lagi, fitur ini masih tergantung pada aplikasi terkait dan ketersediaannya sesuai wilayah.


Seperti pembaruan sistem operasi lain, kehadiran iOS 15 di iPhone membawa banyak hal baru. Mungkin bukan fitur yang bombastis, namun detil-detil penting. Kalau kamu ingin melihat daftar lengkap pembaruan di iOS 15, silakan kunjungi situs resmi Apple.

%d blogger menyukai ini: