HEBOH! Apple Tuntut Perusahan GEEP Karena Jual 100 Ribu Lebih iPhone Bekas

Apple kedapatan tuntut perusahaan GEEP Canada. Tuntutan ini dilayangkan karena GEEP kedapatan jual lebih dari 100 ribu iPhone bekas.

Kasus pencemaran lingkungan per tahun terus meningkat. Peningkatan ini disebabkan oleh banyak hal salah satunya limbah industri. Industri teknologi punya andil besar dalam hal pencemaran lingkungan.

Sadar akan hal ini, Apple pun berusaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup. Dalam upayanya menyelamatkan lingkungan, Apple menggandeng perusahaan GEEP Canada.

GEEP Canada dipercaya untuk mendaur ulang komponen iPhone, iPad dan Apple Watch. Sayangnya perusahaan ini justru berkhianat. Kesal dengan hal itu, akhirnya Apple langsung tuntut perusahaan GEEP.

Alasan Apple Tuntut Perusahaan GEEP Canada

GEEP Canada adalah perusahaan daur ulang asal Canada. Selama bertahun-tahun, Apple menggandeng GEEP Canada untuk mendaur ulang produk iPhone, iPad dan Apple Watch lama alias bekas.

Apple Tuntut GEEP Canada
Sumber Gambar : iMore

Namun dikutip dari situs Apple Insider, GEEP Canada dituding telah mencuri lebih dari 100 ribu gadget Apple. Bukan mendaur ulang gadget, perusahaan ini justru menjual produk itu lagi tanpa sepengetahuan Apple.

Sebagai respon atas tudingan ini, GEEP Canada langsung melayangkan tuntutan balik. Dalam tuntutannya, GEEP mengatakan bahwa insiden ini disebabkan oleh tiga karyawan nakal. Bahkan kasus ini pun tanpa sepengetahuan pemilik perusahaan.

Mendengar ocehan GEEP, Apple pun angkat bicara. Apple menyatakan ketiga karyawan itu sebenarnya adalah manajer senior. Jadi rasanya tidak mungkin mereka bisa melakukan kesalahan jika tidak berhubungan baik. Apalagi item yang dicuri adalah 100 ribu lebih iPhone, iPad dan Apple Watch.

Apple sendiri telah mengirimkan 531.966 iPhone, 25.673 iPad dan 19.277 Apple Watch ke GEEP Canada sejak Januari 2015 โ€“ Desember 2017. Pengiriman ini dimaksudkan agar produk itu bisa didaur ulang.

Suatu ketika, Apple melakukan audit ke gudang GEEP Canada. Nah, dari sinilah ketahuan ada hal yang tidak beres. Rupanya selama ini, perangkat Apple dipisahkan dan disimpan jauh dari perangkat perusahaan lain.

Selanjutnya, produk Apple akan dijual ke tempat lain. Bukan sebagai barang baru, tapi sebagai โ€˜produk Apple bekas.โ€™

Memang, kasus ini baru meradang sekarang. Tapi sebenarnya, gugatan Apple ke GEEP Canada sudah dilayangkan sejak Januari 2020. GEEP pun menyatakan jika mereka ingin tiga karyawan itu ganti rugi. Sebab mereka telah menyebabkan GEEP putus hubungan dengan Apple.

%d blogger menyukai ini: