Dengan iPhone 12 dan MagSafe, Apple Kembali Ubah Fitur Standar

Apple kembali mengubah fitur standar smartphone mereka melalui jajaran lini iPhone 12 baru. Kini semua varian iPhone 12 hadir tanpa charger di dalam box penjualan dan Apple menggantinya dengan pengisi daya nirkabel MagSafe.

Mengubah fitur standar sudah bukan cerita baru bagi Apple. Mereka sudah melakukannya beberapa kali. Semua diiringi pro dan kontra. Jadi, jangan kaget.

Apple menghapus colokan audio 3,5mm pada iPhone 7. Mereka menggabungkan fungsi colokan itu pada konektor lightning dan memperkenalkan wireless earbuds AirPods.

Kemudian Apple juga menghapus sensor sidik jari Touch ID di iPhone X dan memperkenalkan otentikasi wajah Face ID. iPhone 8, sebagai versi standar, masih memilikinya. Namun di jajaran iPhone 11, Face ID menjadi standar baru.

Tanpa Charger, Hadirkan MagSafe

Kini dengan lini iPhone 12 β€” termasuk versi Mini, Pro, dan Pro Max β€” Apple kembali melakukan langkah “berani” yaitu meniadakan bonus charger dan EarPods di paket penjualan.

Dalam presentasi di Apple Event tanggal 13 Oktober 2020, Apple menyebutkan kalau langkah itu mereka ambil demi mengurangi mengurangi emisi karbon. Mereka berkomitmen produk Apple tidak akan punya dampak lingkungan di tahun 2030.

teknologi magsafe di apple iphone 12
teknologi MagSafe

Di sisi lain, Apple “mendorong” teknologi pengisi daya nirkabel lebih jauh. Lini iPhone 12 memiliki pengisi daya nirkabel MagSafe. Nama ini sebelumnya kita kenal sebagai pengisi daya magnetik di laptop Macbook (Apple kemudian menggantinya dengan USB type-C).

MagSafe memiliki magnet di sekeliling koil pengisi daya. Dengan begitu, pengguna bisa meletakkan iPhone di wireless charger dengan posisi lebih tepat dan mengoptimalkan pengisian daya. Lini iPhone 12 bisa mengisi daya sampai 15W dengan MagSafe charger dan masih mendukung wireless charger berstandar Qi (sampai 7,5W).

Aksesori MagSafe

Tentu bukan Apple namanya kalau memperkenalkan fitur baru tanpa aksesori. Seiring kehadiran MagSafe di iPhone 12, Apple memperkenalkan berbagai aksesori baru. Mulai dari casing sampai charger.

magsafe case
casing iPhone 12 yang mendukung MagSafe

Apple menyediakan casing yang mendukung MagSafe baik dengan bahan silikon, silikon jernih, maupun kulit. Selain itu, Apple juga memperkenalkan kantung berbahan kulit yang bisa menempel di bagian belakang semua varian iPhone 12.

Di samping itu, Apple juga mengeluarkan pengisi daya MagSafe dan MagSafe Duo. Pengisi daya MagSafe Duo adalah charger yang bisa kamu pakai mengisi iPhone 12 dan Apple Watch secara bersamaan. Kalau tidak dipakai, charger ini bisa kamu lipat dan simpan dengan praktis.

MagSafe Duo

Selain aksesori ini, Apple juga menyebutkan kalau Belkin pun sudah mempersiapkan aksesori pendukung MagSafe lain. Seperti charger untuk mobil dan yang mendukung beberapa perangkat Apple sekaligus.

Seperti kehadiran AirPods, MagSafe kelihatannya membuka peluang bagi industri smartphone, terutama produsen aksesori. Jadi, sekali lagi, jangan heran kalau setelah ini wireless charger menjadi lebih populer. Tentunya, semoga jadi lebih murah. πŸ˜€

%d blogger menyukai ini: