Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Appy Weather: Aplikasi Cuaca yang Bisa Jadi Unggulan

Anom Penulis

Ya, ada banyak aplikasi cuaca di Windows Phone. Ada yang minimalis, ada yang sangat lengkap. Tapi kelihatannya koleksi aplikasi cuaca, seperti juga aplikasi RSS Reader, terus bertambah. Ini dia Appy Weather.

Sebenarnya, Appy Weather juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi cuaca lain. Selain menunjukkan ramalan cuaca hari ini (dan 7 hari ke depan), dengan ikon dan suhu, Appy Weather juga memberikan gambaran kondisi cuaca kira-kira akan seperti apa.

popculture.id

Yang membuat aplikasi ini menarik justru di penggambaran kondisi itu. Bahasanya lebih bersahabat. Salah satu contohnya adalah informasi cuaca di akhir minggu (weekend). Kalau cuaca kurang asik, maka ada emoji yang mewakili perasaan (seolah-olah bilang: meh, cuaca kayak gini mau ngapain?!?).

Appy Weather mendukung pengenalan lokasi, dan bisa menambahkan lokasi sendiri. Fitur yang berguna kalau kamu sering melakukan perjalanan AKAP (antar kota antar propinsi). Masing-masing lokasi akan hadir dengan format informasi yang sama. Tapi kalau di tap, akan muncul informasi lain, seperti angin, kelembaban, tekanan, dll.

Selain bahasa yang bersahabat yang saya sebut di atas, saya juga suka melihat bagaimana aplikasi Appy Weather ini bekerja dengan gestur tangan. Saya kok merasa swipe dan tap di aplikasi ini menyenangkan. Salah satunya, di tampilan statistik cuaca per jam, akan muncul pop up dengan informasi yang lebih detil untuk waktu yang kita tap.

Di bagian setting juga ada banyak hal yang bisa kita sesuaikan. Theme, satuan ukuran, lokasi, hari di akhir minggu, dan live tile. Ya, Appy Weather sudah medukung live tile transparan. Informasi yang muncul di live tile juga enak dibaca.

Hm, Appy Weather ini punya harga yang lumayan, Rp39.500,-, dengan trial selama 3 hari. Kalau kamu memang benar-benar butuh aplikasi cuaca di Windows Phone kamu, dan suka dengan aplikasi ini, mungkin harga tersebut memang layak. Ada pepatah yang bilang: Coba dulu, baru beli. Oya, aplikasi ini berjalan di Windows Phone 8 dan 8.1.

    %d blogger menyukai ini: