6 Arti Pesan Error yang Sering Muncul di Microsoft Excel

Indri Penulis

Ada banyak pesan error yang sering muncul di Microsoft Excel. Kamu bisa baca di sini buat tahu apa saja jenis dan arti pesan error di Excel.

Penggunaan Microsoft Excel bagi sebagian orang terlihat sangat susah. Apalagi untuk menggunakannya, kamu harus hapal berbagai rumus Excel yang kadang terasa membingungkan.

Belum lagi saat memasukkan atau mengolah data di Excel, tak jarang pengguna akan menjumpai beberapa pesan error yang entah apa penyebabnya bisa muncul begitu saja.

Nah kali ini saya telah merangkum beberapa arti pesan error yang sering muncul saat menggunakan Microsoft Excel. Semoga dengan tahu penyebabnya, bisa lebih memudahkan kamu saat nanti mengolah data di Excel.

Jadi, apa arti pesan error yang muncul di Microsoft Excel?

#NULL!

Hayoo ngaku, siapa yang sering menjumpai pesan error ini? Perlu kamu tahu pesan error ini akan muncul jika rentang sel (Cell Range) yang kamu masukkan ke dalam rumus Excel, nggak sesuai dengan rentang sel yang ada di halaman. Mungkin bisa jadi karena ada tambahan spasi, atau nggak adanya pemisahan argument dengan benar.

#NUM!

Error ini artinya rumus Excel menghasilkan nilai numerik yang tidak valid. Bisa karena nilainya terlalu besar atau kecil melebihi kemampuan spesifikasi Excel.

#VALUE!

Apa artinya error ini? Error ini terjadi kalau data yang kamu masukkan ke dalam rumus, nggak sesuai dengan tipe data yang diminta/diharapkan oleh fungsi/rumus Excel. Nggak cuma itu, error ini juga bisa terjadi jika ada campuran tipe data lain yang kamu masukkan ke dalam rumus Excel.

#NAME?

Error yang satu ini artinya rumus Excel nggak mengenali defined name, nama tabel atau nama fungsi yang ada. Kejadian ini bisa terjadi karena adanya kesalahan penulisan, atau nama-nama tersebut memang nggak ada di file Excel.

#N/A

Pesan ini artinya rumus Excel menghasilkan nilai yang tidak ada. Pesan ini juga bisa muncul jika rumus Excel tidak bisa menemukan nilai yang direferensikan. Biasanya error ini muncul saat kamu menggunakan fungsi seperti LOOKUP, VLOOKUP, HLOOKUP, dll.

#REF!

Error ini terjadi saat rumus yang kamu masukkan, mengacu pada referensi cell yang nggak valid. Contohnya karena sel mengacu pada referensi yang telah terhapus, kamu pindah, atau karena sel yang kamu referensikan ternyata ada di halaman workbook lain.

    %d blogger menyukai ini: