ASUS Kenalkan Laptop Gaming Baru, ASUS ROG Zephyrus G14

ASUS memperkenalkan laptop gaming terbaru, ASUS ROG Zephyrus G14. Ini adalah laptop ringkas berukuran 14 inci yang paling powerful di dunia.

ASUS kembali memperkenalkan produk baru dalam CES 2020. Di acara tersebut, perusahaan menghadirkan sebuah laptop ultraslim baru.

Laptop ini adalah ASUS ROG Zephyrus G14. Laptop ini mempunyai ukuran 14 inci dan dibekali prosesor super kencang. ROG Zephyrus G14 akan melengkapi jajaran laptop ASUS ROG Zephyrus generasi sebelumnya.

Selain dibekali prosesor super kencang, ROG Zephyrus G14 juga punya keunggulan lainnya. Semua keunggulan itu dikemas dalam harga yang lebih terjangkau.

Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus G14

Sumber Gambar : Tech Sina

ROG Zephyrus G14 ditenagai prosesor AMD Ryzen 4000 Series Mobile. Ini adalah prosesor terbaru dari AMD yang juga diumumkan pada CES 2020 lalu.

Prosesor AMD Ryzen 4000 Series Mobile telah menggunakan teknologi 7nm. Selain itu, prosesor ini menggunakan arsitektur Zen 2.

Selain itu, ROG Zephyrus G14 dibekali dengan GPU powerful NVIDIA GeForce RTX 2060. Laptop ini tidak hanya cocok untuk main game, tapi juga untuk keperluan desain.

ROG Zephyrus G14 mendukung teknologi AMD FreeSync. Layar ROG Zephyrus G14 bahkan mampu memproduksi warna dengan akurat, sebab telah mendapatkan sertifikasi PANTONE.

Laptop ini hadir dengan baterai yang bisa tahan sampai 10 jam. Sementara itu, penggunaan daya bisa diisi ulang menggunakan charger USB Type-C.

ROG Zephyrus G14 hadir dalam dua varian, yakni Moonlight White dan Eclipse Gray. Laptop ini punya tampilan elegan yang sesuai untuk kalangan profesional.

Sementara fitur AniMe Matrix di bagian belakang layar bisa menampilkan grafis, animasi dan efek unik. Fitur inilah yang membuat ROG Zephyrus G14 sangat cocok untuk gamer.

Untuk masalah konektivitas, laptop ini hadir dengan Intel WiFi 6 (Gig+) atau WiFi 802.11ax. WiFi ini mampu menghadirkan kecepatan transfer data sampai 2,4Gbps.

Laptop ini juga dilengkapi fitur pembaca sidik jari di tombol power. Sistem ini berbeda, sebab data sidik jari akan disimpan ke memori khusus saat pengguna menekan tombol power.

Setelah itu, data sidik jari akan dimasukkan ke sistem Windows Hello saat login. Jadi pengguna tidak perlu memindai jari kembali.

Sumber Gambar : Tech

Apa Saja yang Ditawarkan Laptop Ini?

Bukan Cuma Ringkas

ROG Zephyrus G14 ini hadir dengan desain yang lebih ringkas dari laptop gaming pada umumnya. Laptop ini juga lebih mudah dibawa ke mana saja.

Laptop ini punya ketebalan hanya 17,9 mm dan bobot 1,6 kg tanpa custom LED matrix. Bisa dibilang, ROG Zephyrus G14 adalah laptop gaming 14 inci paling ringkas dan powerful sampai sekarang.

Menawarkan Fitur AniMe Matrix Display

ROG Zephyrus G14 adalah laptop pertama yang menawarkan fitur AniMe Matrix. Fitur ini memungkinkan gamer menampilkan grafis, animasi, atau efek lainnya di belakang layar.

Fitur ini menggunakan 1.215 mini LED dengan 256 tingkatan pencahayaan. Hal tersebut membuat gambar yang tampilkan bisa terlihat bagus.

Kemampuan Grafis yang Mumpuni

ROG Zephyrus G14 telah menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 2060. GPU ini berjalan di 65W dengan kecepatan 1298MHz.

GPU ini telah menggunakan arsitektur Turing terbaru. GPU ini bahkan telah hadir dengan Tensor Core. Sehingga pemrosesan grafis modern terasa seperti real-time ray tracing.

GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 berbasis Turing tidak hanya cocok untuk bermain game. Tapi GPU ini juga bisa digunakan untuk keperluan desain grafis.

Performa Super Ngebut

Seperti yang saya jelaskan di atas, laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 4000 Series Mobile. Prosesor ini dapat meningkatkan performa sekaligus mencegah panas berlebih.

Di sisi lain, ROG Zephyrus G14 mempunyai konfigurasi 8 core dan 16 thread. Konfigurasi ini diklaim mampu memenuhi semua kebutuhan gamer mau pun profesional kreatif.

Tidak hanya itu, ROG Zephyrus G14 dilengkapi memori DDR4-3200 dengan kapasitas sampai 32GB. Sementara untuk penyimpanan, laptop ini menggunakan NVMe SSD kapasitas 1TB.

Sistem Pendingin Lebih Canggih

Laptop ROG Zephyrus G14 mempunyai ruang pendingin yang lebih besar. Ini berbeda dengan laptop ultraslim lainnya yang punya ruang pendingin sempit.

ROG Zephyrus G14 telah mengadopsi fitur ErgoLift Design. Fitur ini membuat bagian belakang laptop  terangkat, menghasilkan rongga udara ekstra supaya aliran udara lebih kencang.

Sistem pendingin laptop ini memakai heatsink ultra-thin copper. Heatsink ini mempunyai ketebalan hanya 0,15 mm, sehingga membuat udara bisa mengalir lebih lancar.

Selain itu, ROG Zephyrus G14 menggunakan kipas n-Blade khusus laptop ultraslim. Kipas ini punya desain unik dengan panjang bilah kipas berbeda, yakni antara 50 mm dan 51,2 mm.

Menawarkan Portabilitas

ROG Zephyrus G14 tidak hanya punya bodi super ringkas. Laptop ini juga menyajikan berbagai fitur yang bisa menunjang portabilitas.

Lewat power delivery, pengguna dapat mengisi baterai dengan charger USB Type-C 65W. Saat baterai terisi, laptop ini bisa bekerja sebagai powerbank untuk smartphone atau gadget lainnya.

Laptop juga juga mendukung display output dengan dukungan protokol DisplayPort 1.4. Sementara port HDMI 2.0b bisa menghubungkan ROG Zephyrus G14 ke monitor dan TV 4K.

Tidak hanya itu, laptop ini juga dibekali port USB Type-A. Jadi pengguna tidak perlu menggunakan dongle, untuk menghubungkan laptop ke perangkat gaming lainnya.