Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

ASUS Meluncurkan Jajaran Laptop TUF Gaming Baru di CES 2023

jajaran laptop TUF Gaming 2023
Gambar: ASUS
Anom Penulis

Di samping mengumumkan jajaran laptop gaming ROG 2023, ASUS juga mengumumkan generasi terbaru lini lainnya. Ya, laptop TUF Gaming baru juga meluncur di CES 2023.

Dalam CES 2023 ini, ASUS mengumumkan TUF Gaming A16 Advantage Edition, juga TUF Gaming A15, A17, F15 dan F17 baru. Semua mendapat pembaruan spesifikasi internal dari AMD, Intel®, dan NVIDIA®.

Yuk, mari kita lihat.

ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition

gambar TUF Gaming A16 Advantage Edition Sandstorm bagian luar
TUF Gaming A16 Advantage Edition Sandstorm (gambar: ASUS)

ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition merupakan sebuah laptop gaming yang elegan. Walau begitu, laptop ini memiliki performa yang powerful. ASUS dan AMD bekerja sama untuk membangun laptop ini.

Laptop ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition Sandstorm menggunakan prosesor dengan pilihan sampai AMD Ryzen 9 Zen 4 dan GPU AMD Radeon RDNA™ 3. Dengan begitu, laptop ini mendukung berbagai fitur eksklusif AMD, seperti AMD SmartShift dan teknologi AMD Smart Access Memory™.

gambar TUF Gaming A16 Advantage Edition Sandstorm bagian dalam
TUF Gaming A16 Advantage Edition Sandstorm (gambar: ASUS)

Menemani kedua komponen itu, ada pula RAM DDR5 4800MHz, SSD PCIe® Gen4 sampai 2TB, baterai 90Wh dengan colokan USB-C®, dan ditambah kelengkapan colokan USB4® untuk hubungan dengan perangkat eksternal.

Layar 16 incinya terlihat luas karena bingkai tipis (rasio layar-ke-bodi 90%) dan rasio bidang 16:10. Lalu teknologi AMD FreeSync Premium memungkinkan sinkronisasi antara GPU dan layar berjalan optimal dan mengurangi lag.

ASUS TUF Gaming F15 & TUF Gaming F17

Laptop ASUS TUF Gaming F15 dan F17 kini ditenagai oleh prosesor Intel® Core i9-13900H Sedangkan laptop ASUS TUF Gamin A15 dan A17 kini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 9 Zen 4.

Lalu, semua laptop di atas menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series terbaru. Tidak lupa, juga dilengkapi dengan dukungan G-SYNC® dan TGP maksimal 140 W melalui Dynamic Boost.

Baca Juga:  Render ASUS ROG Phone 6 Suguhkan Desain yang Fancy Abies!!!

Fitur lain yang layak disebut sehubungan dengan GPU adalah MUX Switch dengan NVIDIA Advanced Optimus.

MUX Switch memungkinkan laptop melakukan bypass pada GPU terintegrasi ketika dipakai main game, sehingga performa berjalan lebih cepat. Lalu NVIDIA Advanced Optimus memungkinkan proses itu berjalan secara otomatis tanpa pengguna perlu memencet tombol apapun.

Terakhir, semua laptop TUF Gaming baru memiliki sistem pendingin Arc Flow Fans, yang menggunakan desain 84-bilah kipas. Sistem pendingin ini mampu menghasilkan aliran udara lebih efisien sampai 13% jika dibanding generasi sebelumnya. Hebatnya, suaranya tetap sama tenangnya.


Itulah jajaran laptop TUF Gaming baru yang hadir di awal tahun 2023. Kalau kamu mencari laptopp gaming selain ROG, TUF Gaming bisa menjadi alternatif yang bagus. Nah, silakan nantikan kehadirannya di Indonesia.