ASUS Rilis ASUS ROG Flow X16 & ASUS ROG Strix SCAR 17 Special Edition 2022

Indri Penulis

ASUS resmi kenalkan dua laptop baru. Mereka berdua adalah ASUS ROG Flow X16 dan ASUS ROG Strix SCAR 17 Special Edition 2022.

ASUS ROG Flow X16 adalah laptop terbaru yang melengkapi jajaran ASUS ROG Flow Series. Sedangkan ASUS ROG Strix SCAR 17 Special Edition merupakan edisi khusus dari versi ASUS ROG Strix SCAR 17 yang rilis pada Januari 2022 lalu.

Seperti apa penampakan dan fitur yang dimiliki oleh kedua laptop ASUS ROG terbaru di tahun 2022 itu? Mari kita lihat bersama!

ASUS ROG Flow X16

ROG Flow X16 adalah laptop gaming bertenaga kuda yang dibalut dalam bodi tipis dan ringan. Laptop ini hadir dengan ukuran 16 inci, bobot 2,1kg dan tebal cuma 19,4mm saat ditutup. Laptop ini juga menawarkan engsel 360°, sehingga bisa dipakai dalam mode apapun. Ia juga hadir dengan fitur layar sentuh yang telah dilindungi Corning Gorilla Glass.

asus rog flow x16

Untuk performanya, laptop ini ditenagai oleh prosesor hingga AMD Ryzen 9 6900HS dan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 3070Ti. Dengan TGP maksimum sampai 125W pada RTX 3070 Ti berkat Dynamic Boost, performa laptop ini bisa melaju dengan sangat kencang.

Lebih lanjut, laptop ini menyajikan konfigurasi RAM DDR5 4800MHZ hingga 64GB, dengan kedua modul SO-DIMM 100% bisa diakses dan ditingkatkan. Untuk penyimpanan, laptop ini menyajikan SSD Gen 4 hingga 2TB. Kalau butuh ruang tambahan buat file proyek besar / perpustakaan game yang luas, kamu bisa manfaatkan slot M.2 untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Satu hal yang membuat ROG Flow X16 menonjol, yakni Nebula HDR Display. Teknologi ini sebenarnya sudah ada di Zephyrus Duo 16, tapi di ROG FLOW X16 sensasinya dibikin lebih berbeda. ROG Flow X16 mampu menyajikan 100% cakupan ruang warna DCI-P3, Pantone Validated, kecepatan refresh tinggi, Adaptive-Sync, waktu respon 3 milidetik / kurang, kecerahan puncak hingga 1100 nits, mengurangi halo (lewat kolaborasi Nebula HDR ROG dan AMLED AUO) dengan tingkat polling 5.400Hz.

Gimana dengan sistem pendinginnya? ROG Flow X16 menggabungkan 3 kipas tambahan, Heatsink Pulsar dan teknologi canggih Frost Force untuk sirkulasi udara yang jauh lebih canggih, meskipun dibungkus dalam rangka super tipis.

Terakhir soal konektivitas. ROG Flow X16 dibekali port I/O tambahan, 4 port USB Type-A, pembaca kartu SD, port ethernet 2.5G, DisplayPort 1.4 dan port HDMI 2.1.

ASUS ROG Strix SCAR 17 Special Edition

Sekarang kita beralih ke laptop ASUS ROG Strix SCAR 17 Special Edition. Laptop ini menawarkan kinerja dan teknologi luar biasa dari versi standarnya, yang dibalut dalam desain cyberpunk berani.

asus rog flow x16

Kita bahas soal desainnya dulu. Laptop ini hadir dengan sasis dengan pencahayaan RGB dan Armor Caps seperti Strix SCAR standar. Bedanya kali ini tim ROG menggunakan tinta berbahan khusus yang bisa menyatu sempurna dengan tutup logam laptop. Dalam pencahayaan normal, tinta ini memiliki warna metalik matte. Tapi saat terkena cara UV, warnanya bakal terlihat hijau atau biru mencolok.

Laptop ini juga punya Cybertext tersembunyi (juga terbuat dari tinta yang sama). Menariknya Cybertext ini menyimpan teka-teki dalam game untuk permainan pendamping baru yang diluncurkan bersama ASUS ROG Strix SCAR 17 Special Edition, yakni SCAR Runner.

ASUS ROG Strix SCAR 17 Special Edition tak hanya cocok untuk gamer profesional tapi juga kalangan konten kreator kelas dewa. Laptop ini ditenagai oleh prosesor TDP 65W dengan 8 core Performance dan 8 Efficiency, membuatnya enteng dalam menjalankan berbagai game AAA dan beban kerja multithread. Dengan skor Cinebench R23 sebesar 22.275 dalam mode Turbo, laptop ini menyaingi kekuatan multithread dari prosesor desktop kelas atas.

Untuk GPU-nya, laptop ini mengandalkan NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti yang dipadukan dengan TGP maksimum 175W dan Dynamic Boost. Membuatnya chip grafis watt tertinggi yang pernah ada di laptop ROG. Ditambah dengan dukungan ray tracing, DLSS, encoder NVENC, dan Adaptive-Sync hingga 360Hz, laptop ini cocok banget untuk streaming sekaligus menangkap gameplay-mu dengan sempurna.

ASUS ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dilengkapi RAM DDR5 4800MHz, penyimpanan PCle Gen 4 RAID 0, dan MUX Switch khusus untuk mendukung kinerja gaming puncak.

Gimana soal sistem pendinginnya? ASUS ROG Strix SCAR 17 Special Edition adalah laptop ROG pertama yang pakai logam cair Conductonaut Extreme (bisa turunkan suhu CPU sampai 15 derajat Celcius) dan Thermal Grizzly pada CPU dan GPU-nya. Ada juga ruang uap kustom besar berukuran 48,8% dari motherboard untuk memastikan CPU, GPU dan komponen pengiriman daya selalu beroperasi dalam kinerja puncak.

Dalam hal konektivitas laptop ini menawarkan dukungan WiFi 6E, port USB Type-C ganda (salah satunya mendukung Thunderbolt 4), dan port HDMI 2.1 yang menawarkan output video 4K 120Hz.

    %d blogger menyukai ini: