Laptop ASUS ROG Strix G Advantage Edition Rangkul Ekosistem AMD

ASUS umumkan ROG Strix G Advantage Edition dengan ekosistem terbaru AMD. Jajaran laptop gaming premium yang lebih cepat dan portable.

ASUS ROG Strix G Advantage Edition tersedia dalam dua model yakni ROG Strix G15 dan ROG Strix G17. Secara umum, keduanya punya fitur yang sama.

Ada beberapa fitur menarik yang berhasil dihadirkan ASUS ROG Strix G Advantage Edition. Seperti pemakaian ekosistem terbaru AMD, sistem pendingin yang lebih bagus, dll. Semua akan dikupas tuntas di sini.

Laptop ASUS ROG Strix G dengan AMD Terbaru

ASUS ROG memang telah lama bermitra dengan AMD. Namun lewat Strix G15 dan G17 Advantage Edition, keduanya coba hadirkan kinerja yang jauh lebih handal baik dari segi prosesor, GPU, sampai fitur canggih lainnya.

Diawali lewat pemakaian prosesor AMD Ryzen 9 5900HX (bagian Ryzen 5000 Series terbaru). CPU kuat ini diproduksi pakai arsitektur 7nm, untuk pengalaman gaming lebih imersif. Prosesor ini juga menyajikan 8 core dan 16 thread, untuk mempercepat multitasking berat dan beban kerja multithread.

Sumber : ASUS ROG

Serunya lagi, ASUS ROG Strix G Advantage Edition juga merupakan laptop pertama di dunia yang pakai GPU AMD Radeon RX 6800M (bagian dari Radeon RX 6000M terbaru). Radeon RX 6000M secara umum dibangun dengan arsitektur AMD RDNA 2 (untuk visual lebih hidup dan immersif). Khusus Radeon RX 6800M, GPU ini mampu menghasilkan grafis halus di berbagai jenis game.

ROG Strix G Advantage Edition dibekali fitur Smartshift dari AMD (untuk meningkatkan kinerja pengalihan daya antara CPU dan GPU). Ada juga Smart Access Memory (untuk meningkatkan transfer data antara GPU dan CPU).

Ditambah RAM DDR4-3200 hingga 32GB dan penyimpanan SSD NVMe sampai 1TB, kamu bisa menyimpan lebih banyak koleksi game, dan bisa mengaksesnya dengan super cepat.

Dibekali Sistem Pendingin Terbaru

ROG Strix G Advantage Edition dibekali teknologi ROG Intelligent Cooling, untuk meningkatkan kinerja puncak sekaligus menurunkan tingkat kebisingan.

Seri ini dibekali sistem pendinginan baru yang dapat meningkatkan perpindahan panas dan menurunkan suhu sampai 14°C. Menariknya, Strix G15 dan G17 Advantage Edition adalah laptop produksi massal pertama yang pakai liquid metal di kedua prosesor (sebagai perlindungan terhadap CPU dan GPU).

Jajaran Strix G Advantage Edition juga pakai fitur Intelligent Cooling terbaru untuk memancarkan panas dari empat heatsink dan outlet kipas di sisi-sisinya. Ada juga 2 kipas Arc Flow untuk meningkatkan aliran udara hingga 17% untuk CPU dan 20% buat GPU (tanpa peningkatan noise).

Fitur pendingin juga merembet ke keyboard. Seri ini mengadopsi desain CoolZone yang mampu menempatkan ventilasi di bawah keyboard dan mengurangi suhu permukaan, serta dibekali sensor IR yang bakal memantau suhu secara real-time.

Desain Halus dan Klasik

ROG Strix G Advantage Edition hadir dalam pilihan warna Original Black yang klasik. Visualnya terlihat berbeda dengan keluarga ROG Strix 2021 lainnya.

Meski jika dilihat dari penutup luarnya ROG Strix G Advantage Edition terlihat klasik, kamu bakal berpikir beda saat melihat interiornya. Laptop ini dibekali pencahayaan Aura Sync yang bisa kamu atur warnanya sesuai selera.

Sumber : ASUS ROG

Pindah ke bagian bawah laptop, kamu bakal melihat aksen RGB cantik yang bersinar mengitari eksterior bawah laptop. Ada pula aksesoris Armor Caps yang bisa kamu sesuaikan, membuatmu dapat memamerkan warna aslimu dengan tingkat personalisasi sasis terbaru. Tersedia dalam tiga pilihan warna yakni hitam, putih dan merah.

Layar Luar Biasa, Pengalaman Gaming Menakjubkan

Strix G15 dan G17 Advantage Edition masing-masing hadir dengan dua pilihan layar, yang dibingkai bezel super tipis. Dua-duanya tersedia dalam ukuran 15 inci dan 17 inci.

Opsi layar pertama mampu menghasilkan refresh rate hingga 300Hz dan waktu respon 3ms, menghasilkan gerakan yang cepat dan super tajam. Bisa dibilang, opsi ini cocok buat kamu penggila eSport.

Sumber : ASUS ROG

Sementara opsi kedua menyikan layar WQHD dengan refresh rate hingga 165Hz dan waktu respon 3ms. Lewat resolusi 2560 x 1440 yang dimilikinya, opsi ini mampu menghadirkan pengalaman lebih imersif dengan cakupan color gamut DCI-P3.

Ditambah teknologi FreeSync Premium dan Adaptive Sync, kedua laptop ini mampu menyinkronkan refresh rate dengan frame rate GPU untuk menghilangkan robekan layar, meminimalkan stuttering,  mengurangi input lag, membuat gameplay lebih lancar dan immersif.

Fitur Unggulan Lainnya

Dari segi audio, Strix G15 dan G17 Advantage Edition dibekali speaker Smart Amp kembar yang mampu mengeluarkan suara dari belakang keyboard langsung ke arahmu. Disetel dengan Dolby Atmos, speaker ini mampu menyajikan soundscape multidimensi yang lebih detil.

Oya, kedua laptop ini juga dibekali Two-Way AI Noice Cancelation yang mampu meredam bising hingga 95%. Membuat komunikasi tim jadi jauh lebih jelas.

Di balik desainnya yang portable, ROG Strix G Advantage Edition disokong baterai 90Wh yang bisa bertahan sampai 11,4 jam. Sedangkan pengisiannya, kamu hanya butuh waktu 33 menit buat mengisi daya 50%.

Agar lebih fleksibel, ROG Strix G Advantage Edition hadir dengan kabel colokan listrik utama, HDMI, Gigabit Ethernet, USB Type-A, dan USB Type-C yang mendukung DisplayPort™. Laptop ini juga mendukung WiFi 6 (802.11ax), dengan ROG RangeBoost untuk jangkau WiFi yang lebih luas.

Itu tadi beberapa fitur unggulan ROG Strix G Advantage Edition. Untuk ketersediaannya, model Strix G15 Advantage Edition akan hadir dalam waktu dekat. Sementara Strix G17 Advanatge Edition akan hadir di Q3 tahun ini.

%d blogger menyukai ini: