Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

GPU AMD Radeon RX 6000M series Meluncur dengan Arsitektur RDNA2

Anom Penulis

Pada acara Computex 2021, AMD secara resmi mengumumkan jajaran GPU Radeon RX 6000M Series. GPU ini menggunakan arsitektur RDNA2 yang sebelumnya menjadi landasan konsol PlayStation 5 dan Xbox Series X.

GPU terbaru itu menjadi salah satu hal yang AMD umumkan. Selain Radeon RX 6000M Series, perusahaan yang juga menelurkan prosesor Ryzen ini juga mengumumkan Advantage™ Design Framework dan FidelityFX Super Resolution (FSR).

Di samping itu, AMD juga menyatakan akan memperluas cakupan arsitektur RDNA2 untuk GPU pada wilayan baru, seperti di mobil Tesla dan smartphone Samsung.

AMD Radeon RX 6000M Series

AMD membuat arsitektur RDNA2 agar bekerja lebih efisien, sehingga bisa bekerja 1,5x tinggi tapi dengan pemakaian daya 43% lebih rendah dari generasi sebelumnya. Beberapa teknologi yang ada di GPU ini meliputi Infinity Cache, Smart Access Memory, SmartShift Technology, Radeon Chill, dan juga FidelityFX.

 Smart Access Memory di gpu AMD Radeon RX 6000M Series

AMD merilis tiga seri GPU dari lini terbaru ini, yaitu: AMD Radeon RX 6800M (GDDR6 12GB), AMD Radeon RX 6700M (GDDR6 10GB), dan AMD Radeon RX 6600M (GDDR6 8GB).

Advantage™ Design Framework

Advantage™ Design Framework merupakan kerjasama antara AMD dan berbagai manufaktur PC dalam membuat produk yang memaksimalkan ekosistem prosesor Ryzen 5000 Series, GPU Radeon RX 6000M Series, dan Radeon Software dengan berbagai elemen lain, seperti monitor berbasis AMD FreeSync.

Beberapa laptop yang disebutkan akan hadir berdasar ekosistem AMD Advantage adalah ROG Strix G15/17 AMD Advantage Edition dan OMEN 16. Sementara laptop dari Lenovo dan MSI akan menyusul.

FidelityFX Super Resolution

Teknologi FidelityFX Super Resolution (FSR) akan memungkinkan pemain mengatur setelan kualitas untuk menyeimbangkan kualitas tampilan grafis dan performa. Efisiensi pada “Performance mode” bisa mencapai 2,5 kali bila dibanding setelan resolusi bawaan di game.

Baca Juga:  GPU Arm Immortalis - GPU Mobile Pertama Arm dengan Ray Tracing Berbasis Perangkat Keras

Dibangun secara open-source dan mengikuti standar industri, FSR mendukung lebih dari 100 prosesor dan GPU dari AMD, bahkan juga dari merek lain. Pengembang game bisa mengintegrasikan teknologi ini pada berbagai game mereka.

RDNA2 Menuju Wilayah Baru

AMD menyebutkan kalau mereka akan membawa arsitektur RDNA2 yang menjadi basis GPU Radeon RX 6000M Series ke berbagai wilayah baru.

Salah satunya adalah ke mobil Tesla Model S dan X. Selain memakai GPU berbasis arsitektur RDNA2, keduanya juga memakai  AMD Ryzen Embedded APU, yang memungkinkan dipakai main game.

Yah, sebelum ini main game di Tesla memang pernah dipromosikan oleh perusahaan milik Elon Musk itu. Elon Musk sendiri kemudian menyatakan kalau perangkat hiburan di Tesla Model S dan X menyamai PS5.

Lalu seperti sudah pernah diberitakan sebelumnya, AMD juga akan membantu Samsung menerapkan GPU berbasis RDNA2 di chipset Exynos. Nantinya, ray tracing bisa hadir di smartphone flagship Samsung.