ASUS Studiobook S: Layar 17 Inci di Bodi Laptop 15 Inci

ASUS StudioBook 180 derajat
Foto: ASUS

Selain seri Zenbook dan TUF Gaming, ASUS juga mengumumkan laptop baru untuk para profesional. Laptop performa tinggi ini bernama ASUS Studiobook S (W700).

ASUS menyebutkan bahwa laptop ini bersandar pada beberapa hal. Pertama, para profesional — perancang, arsitek, kreator konten (videografer) dan pengembang perangkat lunak — membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi. Kedua, mereka juga membutuhkan perangkat yang fleksibel dan punya mobilitas tinggi. Ketiga, layar besar menjadi salah satu faktor penting (15 inci adalah ukuran yang diinginkan).

Layar Besar dan Fleksibel

asus studiobook s

Laptop ASUS Studiobook S

ASUS Studiobook S memiliki layar 17 inci dengan rasio 16:10 di bodi laptop 15 inci. Hal ini mungkin terjadi karena bingkai layar yang kecil. Total sekitar 5,3 mm untuk bagian kanan-kiri. Layar tersebut menggunakan DCI-P3 yang sesuai dengan standar industri perfilman dan memiliki cakupan warna lebih luas dibanding dengan sRGB biasanya.

Layar tersebut juga bisa dibuka sampai posisi laptop mendatar atau sebesar 180 derajat. Tentunya hal ini berguna ketika hendak menunjukkan tampilan di layar ke orang lain.

Spesifikasi Umum ASUS Studiobook S

asus studiobook s mendatar

Posisi mendatar ASUS Studiobook S

Untuk menjamin performa maksimal, ASUS memberikan pilihan penggunaan prosesor Intel Xeon atau Intel Core i7 dengan grafis NVIDIA Quadro P3200 (6GB). Sekedar info, Xeon E-2176M memiliki 6 core dan 12 thread, dengan Max Turbo sampai 4.4GHz.

ASUS Studiobook S mendukung RAM sampai 64GB, penyimpanan sampai 4TB (PCIe NVMe Gen 3 x 4, SSD x 2), baterai 57Wh li-po, sensor sidik jari, dan mendukung Windows Hello. Tentunya masih ada berbagai colokan dan fitur konektivitas lain.

Sama seperti Zenbook 14, Studiobook S juga memiliki tombol angka virtual di touchpad. Tombol virtual ini bisa diaktifkan dengan mudah dengan tombol di sudut kotak touchpad. Dengan begitu, akses tombol angka tetap ada tanpa mengubah komposisi keyboard.

Lalu, seperti juga laptop ASUS lain, Studiobook S juga memenuhi standar militer MIL-STD-810G. Ini berarti sudah lolos uji ketahanan di bawah tekanan cuaca ekstrim, getaran, dan benturan.

ASUS Studiobook S (W700) akan mulai tersedia di bulan-bulan mendatang. Ketersediaan dan harga akan tergantung pada wilayah. Silakan kunjungi situs resmi untuk informasi lebih jauh.

(Juru tulis dan desain)

Hobi nonton film dan baca buku. Punya kekuatan super: doyan nongkrong dan ngobrol.