ASUS ZenBook S (UX393): Laptop Anyar yang Serba Premium

Dari semua laptop ASUS ZenBook, seri ASUS ZenBook S (UX393) bisa dibilang yang paling berkelas. Bahkan jika dibandingkan dengan ZenBook Classic dan Flip.

Meski tidak mengusung teknologi dua layar seperti ZenBook Duo dan Pro Duo, namun ASUS ZenBook S (UX393) tetap punya ciri khas. Tampilannya yang super berkelas, membuat seri laptop ini terlihat sangat berbeda dengan produk ASUS lainnya.

Selain itu, masih ada lagi sisi premium yang ditawarkan oleh laptop ini. Apa saja itu?

Keunggulan Laptop ASUS ZenBook S (UX393)

Desain yang Lebih Bagus

ZenBook S (UX393) mengedepankan desain yang berkelas dan kokoh. Laptop ini dibuat menggunakan material terbaik untuk bodinya yakni magnesium alloy. Material ini terkenal sangat ringan tapi kokoh.

Sumber Gambar : ASUS

Tidak hanya kokoh, bodi ZenBook S (UX393) juga mewah. Kalau dilihat dari dekat, ZenBook S (UX393) punya banyak detail kecil yang membuatnya unik.

Contohnya di sudut laptop. ASUS memangkas sedikit bagian sudut laptop agar mirip potongan berlian. Desain ini banyak diapresiasi karena terlihat mewah dan premium. Laptop ini punya garis berwarna Red Copper di sekeliling bodinya untuk menambah kesan mewah.

Sumber Gambar : ASUS

Selain bagus, ZenBook S (UX393) juga super ringkas. Laptop ini memiliki ketebalan bodi hanya 15,7mm dan bobot 1,35kg. Membuatnya sangat ringkas dan hemat ruang saat dimasukkan ke dalam tas.

Meski ringkas, namun laptop ini lebih tebal dari pendahulunya ZenBook S (UX392). Kenapa begitu? Karena laptop ini menawarkan port lengkap. Meski agak lebih tebal, tapi kamu tidak perlu menggunakan dongle tambahan lagi nantinya.

Dapat Menunjang Produktivitas

ZenBook S (UX393) dirancang untuk menunjang produktivitas pengguna. Port yang lengkap adalah salah satu tandanya. Selain itu, laptop ini juga punya fitur edge-to-edge keyboard yang memudahkan pengguna saat mengetik berkat tombol yang lebih luas dan lebar.

Sumber Gambar : ASUS

Ada juga touchpad dengan fitur NumberPad 2.0. Fitur ini memungkinkan pengguna mengubah fungsi touchpad menjadi numbpad lewat satu sentuhan saja.

Agar lebih produktif, ZenBook S (UX393) tampil dengan rasio layar 3:2. Hal ini membuat ruang kerja ZenBook S (UX393) lebih luas dibanding laptop lain yang mengusung layar 16:9.

Kualitas Visual Terbaik

Walau target penggunanya bukan content creator ‘kelas berat’ seperti animator atau video editor, tapi ZenBook S (UX393) tetap powerful untuk kebutuhan content creator standar.

Laptop ini masih mampu menjalankan aplikasi photo editing seperti Adobe Photoshop dan Lightroom secara bersamaan. Membuatnya cocok untuk fotografer profesional.

Sumber Gambar : ASUS

Bukan cuma performanya yang gesit, laptop juga dibekali layar resolusi tinggi 3,3K atau 3000 x 2200 piksel. Layar laptop juga memiliki tingkat reproduksi warna super tinggi (100% pada color space DCIP-3 dan 133% pada color space sRGB), dan mengantongi sertifikasi PANTONE.

Serunya, layar ZenBook S (UX393) dibekali fitur touchscreen. Layar ini kompatibel dengan stylus yang memiliki spesifikasi hingga 4096 pressure level.

Spesifikasi di atas jelas makin menegaskan bahwa laptop ini memang cocok untuk para content creator seperti fotografer yang membutuhkan laptop ringkas dan powerful dengan layar terbaik di kelasnya.

Konektivitas Lengkap

Tadi sempat saya sampaikan kalau ZenBook S (UX393) memiliki port yang lengkap. Tidak hanya port USB Type-C dengan Thunderbolt 4, ada juga port HDMI, USB Type-A dan kartu MicroSD.

Sumber Gambar : ASUS

Untuk koneksi nirkabel, ZenBook S (UX393) dibekali teknologi konektivitas terbaru seperti WiFI 6. Laptop ini juga punya fitur WiFi Smart Content dapat mendeteksi sinyal WiFi terbaik.

Nyaman untuk WFH

Lagi musimnya WFH, ZenBook S (UX393) juga dirancang agar dapat menunjang aktivitas WFH. Laptop ini punya IR camera-tuning yang membuat kamera infra merah di ZenBook S (UX393) dapat menampilkan gambar lebih bagus.

Kamera infra merah ini juga bisa sebagai fitur keamanan. Didukung Windows Hello, kamera ini mampu mendeteksi wajah penggunanya secara presisi, bahkan dalam kondisi kurang cahaya.

ZenBook S (UX393) juga punya array microphone dengan AI Noice Cancelling. Fitur ini dapat mengurangi suara bising di sekitar. Membuatnya cocok dipakai untuk call conference atau video conference.

Performa Premium

ZenBook S (UX393) ditenagai prosesor Intel Core Gen-11 terbaru untuk performa lebih bagus dari generasi sebelumnya. Ada pula GPU Intel Iris Xe Graphics yang membuat performa grafis laptop lebih bagus.

Terlihat dari hasil benchmark, ZenBook S (UX393) tampak gesit dan powerful untuk sebuah ultrabook yang sangat ringkas. Tidak hanya itu hasil benchmark grafis juga menunjukkan bahwa laptop ini seharusnya masih bisa digunakan untuk menjalankan berbagai game kasual dan game esports.

Sumber Gambar : ASUS

Berdasarkan pengujian daya tahan baterai PCMark 10 Battery Benchmark, ZenBook S (UX393) dapat bertahan hingga 13 jam 41 menit pada mode modern office. Artinya secara kasar laptop ini dapat menemani bekerja hingga lebih dari 13 jam.

Graphical user interface, application
Description automatically generated
Sumber Gambar : ASUS

ZenBook S (UX393) dilengkapi dengan sistem pendingin khusus serta fitur ErgoLift Design yang mampu menghadirkan ruang udara ekstra agar aliran udara tetap optimal saat digunakan. 

ZenBook S (UX393) juga terbukti memiliki sistem pendingin yang baik. Hal tersebut terlihat dari hasil stress test menggunakan 3DMark pada mode Night Raid, dimana ZenBook S (UX393) lolos pengujian tersebut dengan skor 97,1% dengan rata-rata suhu CPU berada di angka 56 derajat Celcius.

Bukti lainnya yang menunjukkan bahwa sistem pendingin ZenBook S (UX393) tergolong sangat baik adalah berdasarkan grafis di bawah. Dapat dilihat bahwa sistem pendingin ZenBook S (UX393) dapat menahan suhu komponen tetap di zona aman yaitu di bawah 85 derajat Celcius.

Graphical user interface, text, application, email
Description automatically generated
Sumber Gambar : ASUS

Spesifikasi

Main Spec. ASUS ZenBook S (UX393) 
CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz) 
Operating System Windows 10 Home 
Memory 16GB LPDDR4X   
Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD 
Display 13.9″ (3:2) IPS 3.3K (3300 x 2200), 500 nits, 100% DCI-P3, 133% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE® Validated display, TÜV Rheinland eye-care certified display 
Graphics Intel® Iris® Xᵉ Graphics 
Input/Output 1x HDMI 1.4, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 USB Type-C supports display and power delivery, Micro SD card reader 
Camera HD camera with IR function to support Windows Hello 
Connectivity Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2 
Audio Audio by ICEpower®, Built-in speaker Built-in array microphone, harman/kardon certified 
Battery 67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion 
Dimension  30.60 x 22.40 x 1.57 ~ 1.57 cm 
Weight 1.35 kg 
Colors Jade Black 
Warranty 2 tahun garansi global 
%d blogger menyukai ini: