Widih.. Robot “Atlas” Bikinan Boston Dynamics Ini Jago Parkour Lho!

Indri Penulis

Parkour adalah salah satu olahraga tersulit di dunia. Tapi robot Atlas bikinan Boston Dynamics ini justru jago banget lho kalau disuruh parkour!

Pernah dengar olahraga parkour? Parkour atau parkur adalah olahraga yang menantang keberanian, berbekal tangan kosong, dan pelakunya biasanya bakal melompat dari satu gedung ke gedung lainnya tanpa pengaman. Salah pijakan, orang yang melakukannya bisa-bisa jatuh dari gedung tinggi.

Karena sangat menantang dan beresiko, maka nggak heran kalau parkour dinobatkan jadi salah satu olahraga paling berbahaya dan sulit di dunia.

Meski jarang dilirik orang, tapi nyatanya ada juga lho robot yang justru jago banget parkour! Dia adalah Atlas, robot bikinan Boston Dynamics.

Robot ini mampu melompati celah, balok berkubah, dan bahkan mengkoordinasikan backlip ‘tanpa henti.’ Mungkin boleh dibilang, robot ini bahkan lebih anggun dari pada versi ‘manusianya.’

Dikutip dari situs resmi Boston Dynamics, untuk membuat pergerakan Atlas sempurna, Boston Dynamics membutuhkan waktu pengembangan dan uji coba (kekuatan dan keseimbangan) hingga berbulan-bulan.

Meski bisa melakukan parkour terus-menerus, tapi buatmu penggila parkour, nggak perlu minder ya. Karena robot ini disebut-sebut masih punya tingkat kegagalan sekitar 50%, dan masih ada sedikit kemungkinan gagal di setiap langkahnya. Boston juga mengatakan kalau mereka masih perlu memperbaiki gerakan Atlas agar lebih halus.

Lebih lanjut, Atlas bukanlah robot yang bakal diproduksi secara masal. Atlas juga bukan seperti robot Spot yang dibikin untuk membantu industri. Mereka adalah model penelitian yang tujuannya untuk mendorong batas robotika.

Boston Dynamics juga mengatakan kalau mereka ingin agar praktik parkour ini mengarah ke robot penolong masa depan, yang dapat menangani berbagi tugas dan punya ketangkasan seperti manusia.

    %d blogger menyukai ini: