Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Spot, Robot Anjing Buatan Boston Dynamics, Siap Beroperasi

spot robot dog
Foto: HoloBuilder
Anom Penulis

Setelah dikembangkan bertahun-tahun, akhirnya salah satu robot buatan Boston Dynamics yang berbentuk mirip anjing dan diberi julukan Spot ini siap beroperasi untuk pekerjaan sehari-hari.

Spot dibuat sebagai robot yang cekatan, bisa naik tangga dan melalui permukaan tanah yang tidak rata, namun cukup kecil untuk dipakai di dalam ruangan. Boston Dynamics membangun robot ini dengan dengan materi yang kuat, bisa disesuaikan dengan kebutuhan industri, dan cocok dioperasikan dari jauh.

Di situs resmi, Boston Dynamic menyebutkan kalau Spot cocok dipakai untuk industri konstruksi, minyak dan gas, keamanan publik, juga hiburan. Namun walau sudah dirilis secara umum, penggunaannya masih terbatas untuk pemesan awal.

spot boston dynamics
Foto: Boston Dynamics

Spot Memantau Proyek Konstruksi

Salah satu penggunaan yang sedang dicoba adalah di lokasi konstruksi yang dikerjakan oleh Pomerleau di Quebec, Kanada. Saat ini Pomerleau adalah perusahaan konstruksi pertama yang memakai robot ini untuk pekerjaan sehari-hari.

Spot akan melakukan patroli keliling lokasi konstruksi dan mengambil 500 gambar setiap hari. Foto tersebut diambil dengan kamera 360ΒΊ dan terhubung dengan platform dokumentasi HoloBuilder. Tugas ini akan berjalan selama 6 bulan.

Melalui platform ini, pimpinan Pomerleau bisa menganalisa perkembangan pembangunan dengan program desain dan konstruksi virtual. Tentunya dengan begitu mereka bisa memperhitungkan apakah proyek berjalan sesuai rencana dan dana.

Foto: Allen McInnis / Montreal Gazette

Perkembangan Selanjutnya

Walau sudah terhitung canggih, si robot anjing ini masih memiliki keterbatasan. Salah satu yang disebutkan akan dikembangkan lebih jauh adalah “tangan” untuk membuka pintu. Sebelum ini, “tangan” tersebut sudah pernah dicoba saat Spot dipinjam oleh kepolisian Massachusetts (tim penjinak bom) untuk menguji manfaatnya.

Boston Dynamics juga mengusahakan agar program yang dipakai Spot sangat fleksibel. Sehingga, pengguna bisa menyesuaikan operasi sesuai kebutuhan tertentu. Sebagai contoh ya pemakaian di konstruksi di atas. Pengguna bisa memrogram rute perjalanan Spot, menghubungkan kamera dengan komputer atau ke cloud, dan mengaturnya untuk bekerja secara otomatis.

Perkembangan yang nantinya semakin canggih ini juga sempat menjadi perdebatan. Bukan tidak mungkin nantinya pekerja manusia akan digantikan penuh oleh robot (atau sistem otomatis lain seperti toko milik Amazon). Dengan begitu, banyak orang akan terancam tidak memiliki pekerjaan, dan masalah pengangguran pun meningkat.

Perkembangan teknologi memang selalu membawa kontroversi. Bagaimanapun robotik merupakan salah satu teknologi yang banyak dikembangkan. Kita lihat saja nanti perkembangan dari Spot, si robot anjing yang populer ini.

    %d blogger menyukai ini: