Aplikasi Gmail Android / iOS Dukung Audio dan Video Call (Meeting)

Google memang sedang mengembangkan ekosistem aplikasi kerja mereka agar bisa lebih terintegrasi satu dengan lainnya. Kini, aplikasi Gmail untuk Android dan iOS sudah mendukung panggilan suara (audio call) dan video (meeting).

Google mengumumkan fitur ini melalui blog Workspace dan memberikan penjelasan soal kapan fitur bergulir, siapa yang bisa menggunakannya dan bagaimana pemakaiannya.

Fitur ini hadir baik bagi pengguna Google Workspace, G Suite, maupun akun personal, dan akan mulai meluncur sejak 6 Desember 2021. Panggilan audio dan video (meeting) berjalan melalui obrolan 1:1 Google Chat di dalam aplikasi Gmail.

Dalam obrolan personal (1:1), kamu bisa membuat panggilan dengan menekan ikon telepon atau video di pojok kanan atas.

Saat kamu sedang melakukan panggilan, kamu akan melihat banner di bagian atas aplikasi dan ikon (keduanya warna biru) di percakapan orang tersebut. Sedangkan kalau kamu melewati panggilan itu (missed call), kamu akan melihat ikon berwarna merah di percakapan orang itu di daftar.

Google juga menambahkan satu hal lagi. Ketika kamu memilih “Join a Call” (bergabung) di aplikasi Google Chat, kamu akan dialihkan ke aplikasi Gmail. Kalau kamu tidak punya aplikasi Gmail, kamu akan di arahkan ke Play Store atau App Store untuk mengunduhnya.

Tentu fitur ini bisa sangat berguna bagi kamu yang menggunakan layanan Google dalam beraktivitas. Kalau kamu merasa fitur ini berguna, silakan cek apakah ada update aplikasi dan apakah fitur ini sudah tersedia.


logo gmail
Nama
Gmail
Deskripsi
Aplikasi email
Pengembang
Google
%d blogger menyukai ini: