Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Audiocloud: Aplikasi SoundCloud untuk Windows Phone

Anom Penulis

Kalian pasti sudah akrab dengan yang namanya SoundCloud. Ya, SoundCloud adalah sebuah jejaring sosial berbasis suara yang populer. Sayangnya, sementara ini belum ada aplikasi resmi SoundCloud untuk Windows Phone. Namun, bukan berarti kita tidak bisa mengaksesnya. Ada beberapa aplikasi Soundcloud untuk Windows Phone di marketplace. Salah satunya adalah Audiocloud.

Fitur AudioCloud
  1. Menelusuri dan mencari suara atau lagu, pengguna lain, atau grup di SoundCloud. Juga ada filter untuk pencarian.
  2. Memainkan musik di background, dan tersedia fungsi repeat.
  3. Integrasi dengan Music+Video Hub.
  4. Melihat detil lagu, set, pengguna lain, grup beserta komentar
  5. Like, beri komentar dan berbagi
  6. Pin suara atau set di start screen
  7. Download suara ke ponsel supaya bisa dimainkan secara offline. Semua download dilakukan di background, dan mendukung multidownload.
  8. Membuat ringtone dari suara tertentu.
  9. Menyimpan suara di music library (WP8).
  10. Status notification di lock screen saat ada yang baru di stream (WP8).

Tampilan Audiocloud cukup ‘standar’. Tapi ini memang disengaja oleh developernya. Tujuannya untuk memberi cita rasa native app (aplikasi bawaan) di Audiocloud.

Di Audiocloud, kita bisa mulai melakukan petualangan suara dengan melihat stream dari user yang kita follow, melihat featured sound, atau menelusuri kategori yang ada. Kalau kita ingin mencari suara atau lagu dengan spesifikasi tertentu, kita bisa memanfaatkan filter pencarian Audiocloud. Fitur filter pencarian ini meliputi: tags/genre, sound/set type, durasi, BPM, dan licence.

Saat kita tap sebuah lagu, kita akan dibawa ke tampilan music player. Berbeda dengan tampilan native player Windows Phone, Audiocloud memperlihatkan wave display dari lagu yang bersangkutan. Selain itu, di tampilan player ini juga ada background foto profil user yang lagunya kita mainkan. Mirip kayak melihat foto di aplikasi Twitter Tweet It!.

Baca Juga:  Deretan Fitur Resso yang Spotify Tidak Punya

Untuk meninggalkan komentar atau memberi apresiasi lain ke lagu tersebut, kita harus tap tanda i (info) di application bar di bawah. Maka kita akan di bawa ke tampilan detil lagu. Di sana, baru kita bisa melakukan kegiatan lain, termasuk men-download lagu tersebut (tergantung lagunya). Hm, sedikit kurang praktis. Tapi, walau pun kita terus mengeksplorasi SoundCloud, lagu yang tadi kita mainkan akan tetap diputar di background. Bahkan, kita bisa mengaksesnya kembali lewat Music+Video Hub. Sip!

Secara keseluruhan, aplikasi ini memuaskan kok. Aplikasi besutan Jason Ong ini bisa didapatkan di marketplace secara gratis.