Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Cara Aktifkan Auto Unlock BitLocker di Windows 11, Gampang Banget

Keamanan adalah hal yang paling banyak mendapat perhatian di seputar dunia teknologi. Terutama laptop, yang notabene syarat dengan data-data pribadi di dalamnya. Salah satu yang digunakan sebagai tools keamanan adalah Bitlocker.

BitLocker merupakan tools yang berguna untuk enkripsi drive atau penyimpanan dari akses-akses illegal. Dengan kata lain, pengguna dapat menggunakan password pada suatu drive atau penyimpanan.

popculture.id

Dengan begini file akan lebih aman karena dilengkapi dengan password-nya saja yang dapat diakses oleh usernya saja, baik itu di penyimpanan internal maupun eksternal.

Cara Kerja Auto Unlock Bitlocker

Auto Unlock adalah fitur yang ditawarkan BitLocker, yaitu menjadikan dapat secara otomatis membuka atau enkripsi. Sederhananya fitur Auto Unlock memungkinkan BitLocker untuk membuka kunci (enkripsi) drive setiap kali masuk secara otomatis.

Drive dalam hal ini bisa Flashdisk, SD Card, Hard Disk eksternal dan berbagai penyimpanan eksternal lainnya, selama masih berbasis windows seperti NTFS, FAT16, FAT32, atau exFAT.

Fitur ini sangatlah berguna, terutama jika pada suatu partisi disk yang terenkripsi di dalamnya terdapat sistem. Sehingga sudah pasti partisi harus dibuka terlebih dahulu agar OS (operating system) dapat berkerja.

Cara Mengaktifkan Auto Unlock BitLocker di Windows 11

Berikut akan saya bagikan beberapa cara paling praktis dan mudah untuk mengaktifkan Auto Unlock BitLocker terutama di Windows 11. Diantaranya adalah:

Melalui BitLocker Manager

  1. Pertama, buka Control Panel, bisa melalui kolom Search di Windows 11 dan ketik Control Panel, lalu pilih.
  • Pilih System and Security yang terdapat dalam Control Panel tersebut.
  • Cari kolom bergambar kunci dengan nama BitLocker Drive Encryption, lalu klik.
  • Kemudian kamu akan masuk pada panel BitLocker.
  • Auto-Unlock dapat diaktifkan dengan mengklik Turn on Auto-Unlock.
Setting-bitlocker

Secara singkat memang terbilang mudah untuk mengaktifkan Auto-Unlock BitLocker. Namun jika kamu menemukan kesulitan, pastikan lagi apakah kamu sudah melakukan langkah demi langkah dengan benar atau belum? Atau kamu coba cara selanjutnya..

Melalui CMD / Command Prompt

  1. Pertama, buka Command Prompt (CMD), bisa dilakukan dengan klik Pencarian Windows 11, kemudian ketik “Command Prompt”. Lalu perhatikan, pilih dengan klik kanan pada Command Prompt lalu pilih Run as Administrator.
  • Pada Command Prompt, ketik manage-bde -autounlock -enable G: , kemudian tekan Enter. Perhatikan bahwa ‘G’ yang dimaksud adalah drive yang kamu tuju.
  • Jika menampilkan pesan Automatic unlock enabled di Command Prompt, maka kamu telah berhasil.

Saya sarankan untuk menggunakan BitLocker karena dengan fitur ini kamu dapat memaksimalkan keamanaan kamu. Mengingat perlindungan atas data file merupakan hal yang penting karena data sudah menjadi hal yang tak bisa dipisahkan dari keseharian kita, sudah bagian dari kita!

    %d blogger menyukai ini: