Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

OPPO Bikin Avatar Digital Animasi Realitis yang Bisa Nge-Dance!

Indri Penulis

OPPO berhasil menciptakan avatar digital animasi yang sangat cepat, sederhana dan mudah diakses. Seperti apa penampakannya?

Istilah ‘avatar’ tentu sudah tidak asing lagi di telinga manusia. Selama beberapa tahun terakhir, berbagai perusahaan teknologi telah berhasil menciptakan berbagai jenis avatar.

popculture.id

Ada avatar yang dibuat berdasarkan karakter fiksi (wajah dan ekspresinya tidak mirip dengan manusia asli). Namun ada juga avatar yang dibuat dengan memanfaatkan karakteristik wajah manusia.

Walaupun ada karakter avatar yang dibuat berdasarkan karakteristik wajah manusia, tapi hasil akhirnya tetap ala-ala karakter animasi. Belum bisa real seperti manusia.

Bahkan ada juga yang hasilnya jauh dari ekspektasi (seperti avatar Mark Zuckerberg yang ujung-ujungnya malah jadi bahan guyonan). Selain itu, proses yang ditempuh untuk menyelesaikan avatar nggak bisa secepat kilat.

Tapi OPPO berhasil menghadirkan inovasi baru. Baru-baru ini, OPPO berhasil menciptakan avatar digital animasi. Karakter animasi yang dihasilkan benar-benar mirip dengan manusia, dan bahkan bisa melakukan gerakan layaknya manusia sungguhan.

Karakter avatar ini dibuat dengan proses yang sangat cepat, sederhana dan gampang diakses. Pertanyaannya, kok bisa ya OPPO bikin avatar secepat kilat? Apa rahasianya?

Cara Kerja Pembuatan Avatar Digital Animasi OPPO

Usut punya usut, rupanya OPPO memanfaatkan OPPO Digital Avatar Lab. OPPO Digital Avatar Lab adalah platform di mana ponsel OPPO Find X5 Pro mengumpulkan data tubuh manusia.

Pertama, OPPO akan merekam data tubuh manusia menggunakan OPPO Digital Avatar Lab. Setelah perekaman selesai, AI secara otomatis akan menghasilkan model manusia 3D dengan menganalisis video RGB.

Nah untuk menciptakan efek visual yang lebih real dan mendukung animasi, OPPO menambahkan gerakan dari penari profesional. Sebelumnya, posisi penari sudah diatur supaya sesuai dengan simpul/kerangka skeleton. Gerakan ini dibutuhkan untuk membangun satu set bidang pancaran lokal yang terstruktur.

Nanti setiap kali penari melakukan gerakan, otomatis skeleton akan ikut bergerak mengikuti gerakan si penari. Semua gerakan bakal direkam oleh sistem. Lalu avatar bisa mempelajari berbagai gerakan tarian sesuai pose tubuh.

Sementara itu lewat rendering adegan saraf, gerakan tarian dikodekan dan dipelajari menggunakan jaringan saraf. Hasilnya sistem bisa menciptakan karakter avatar yang ekspresif dengan gerakan dinamis ‘hanya dalam waktu beberapa jam saja.’

Bisa kamu lihat dalam video di bawah ini. Ini adalah hasil dari rendering karakter avatar yang telah melewati beberapa proses di atas. Hal akhirnya, avatar cewek tersebut bisa menari dengan mulus mengenakan dress bunga yang dipakai si manusia asli (yang sebelumnya telah diambil data tubuhnya).

Oya, pengalaman avatar digital yang bisa menari ini dicapai dengan metode ‘Structured Local Radiance Fields for Human Avatar Modeling.’ Metode tersebut dipamerkan OPPO dalam acara Computer Vision and Pattern Recognition Conference (CVPR) 2022.

OPPO sendiri nggak mau berhenti sampai di sini. Walaupun karakter avatar digital animasi bikinan mereka sudah terlihat realistis, tapi OPPO masih menginginkan lebih.

Ke depan, OPPO ingin karakter avatar mereka nggak cuma bisa bergerak, tapi juga bisa melakukan interaksi layaknya manusia asli. Yah.. Kita tunggu saja tanggal mainnya.

    %d blogger menyukai ini: