Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Instagram Lakukan Penyegaran Berupa Logo Baru dan Font “Instagram Sans”

Indri Penulis

Instagram melakukan penyegaran pada branding mereka dengan menghadirkan logo baru, jenis font, baru dan juga ‘energi baru.’

Nggak terasa ya, ternyata sudah 11 tahun sejak Instagram pertama kali muncul. Sejak saat itu, ada banyak hal yang berubah pada Instagram.

Instagram kini tak hanya sebagai aplikasi tempat berbagi foto. Apalagi sejak memutuskan untuk mengubah logo mereka secara besar-besaran pada tahun 2016, perkembangan Instagram sangat pesat sampai saat ini.

Di bulan Mei 2022 ini, Instagram kembali mengumumkan sejumlah perubahan. Dalam pengumumannya, Instagram mengatakan jika mereka membawa ‘energi baru’ dengan memberikan penyegaran visual yang mencakup berbagai aspek dari brand-nya.

Oke, yang pertama adalah logo baru. Kalau yang nggak jeli, kamu mungkin menganggap tidak ada yang berbeda dengan logo di atas. Tapi tunggu dulu. Saya bakal kasih tahu letak perbedaannya ada di mana.

Seperti yang saya katakan tadi, Instagram terakhir mengubah logonya pada tahun 2016. Desain tahun 2016 menampilkan logo Instagram dengan warna gradien. Sedangkan desain logo Instagram tahun 2022 kini menampilkan ‘warna-warna cerah’ yang mereka buat pakai pemodelan 3D. Membuatnya terkesan lebih ‘bercahaya dan hidup.’

Lanjut ke perubahan berikutnya. Instagram kali ini juga meluncurkan beberapa jenis font baru bernama Instagram Sans. Jenis huruf baru ini akan digunakan diseluruh brand-nya lewat format media lain seperti kampanye iklan.

Jenis huruf baru ini dirancang dengan mempertimbangkan warisan kami dan mencakup beberapa skrip global. Font ini juga akan ditampilkan di aplikasi itu sendiri, contohnya dipakai konten kreator dalam Stories atau Reels mereka.

Satu lagi, Instagram Sand tidak hanya berlaku untuk Bahasa Inggris. Jenis huruf ini juga berlaku untuk seluruh bahasa yang didukung oleh Instagram.

Selain dari segi visual, Instagram juga melakukan sedikit penyegaran pada beberapa fiturnya seperti meningkatkan fitur DM, memperluas fitur penandaan produknya di AS, dan menambahkan fitur penggalangan dana di Reels.

Sedikit bocoran, Instagram bilang kalau ‘hal-hal yang ada di atas’ adalah secuil perubahan yang telah mereka siapkan. Kedepannya, Instagram mengatakan jika mereka siap menghadirkan banyak perubahan yang lebih besar. Jadi sebagai pengguna, kita disuruh untuk mengantisipasinya saja.

    %d blogger menyukai ini: