Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Fitur Background Video di Google Meet Android Sudah Bisa Dinikmati

Indri Penulis

Wah, sekarang fitur background video di Google Meet Android sudah bisa kamu nikmati. Cek di sini buat tahu gimana cara kerjanya.

Saat melakukan video conference pakai aplikasi, fitur background penting banget. Dengan fitur ini, kamu nggak perlu khawatir latar belakang tempatmu video call bakal terlihat. Ruanganmu yang berantakan juga bisa kamu sembunyikan dengan gambar background yang lucu.

Salah satu aplikasi video conference yang sudah punya fitur ini adalah Google Duo. Lewat fitur tersebut, pengguna Google Duo bisa menambahkan latar belakang berupa gambar atau efek blur ke dalam panggilan video mereka.

Sekarang gantian aplikasi Google Meet Android yang kebagian fitur ini. Sekarang kamu bisa pakai background gambar, gambar blur sampai video ke dalam panggilan video. Google juga menyajikan pilihan gambar yang bisa kamu pilih seperti ruang kantor, lanskap, dan latar belakang abstrak.

Google Meet versi web juga kebagian fitur yang serupa. Kamu juga bisa menggunakan video untuk menjadi latar belakang panggilan video-mu. Ada tiga opsi video yang bisa kamu pilih yakni kelas, pesta dan hutan.

Untuk bisa mengaktifkan fitur latar belakang video, Google membeberkan kalau kamu butuh Chrome versi M87 atau yang lebih tinggi.

Lalu siapa saja yang bisa mengaktifkan fitur ini? Berdasarkan keterangan dari Google, hanya admin yang bisa mengaktifkan fitur ini. Kalau pengguna lain ingin mengakses fitur ini, mereka harus mendapat persetujuan dari admin terlebih dulu.

Maka dari itu, admin harus mengunjungi Pusat Bantuan terlebih dulu untuk mengetahui cara mengontrol penggantian background di Google Meet. Setelah itu, admin baru bisa mengaktifkan akses penggantian background ke pengguna Google Meet tertentu.

Baca Juga:  Cara Download Google Meet di Laptop Windows 10, Gratis dan Mudah

Sementara itu, fitur-fitur di atas pertama kali diumumkan pada bulan April. Pengumumannya berbarengan dengan antarmuka petak/kisi yang diluncurkan di Google Meet web.

Sayangnya waktu itu Google belum mengatakan kapan tanggal pasti peluncuran fitur background. Mereka cuma bilang kalau fitur background bakal membantu pengguna menunjukkan seperti apa kepribadiannya, sekaligus membantu menyembunyikan lingkungan sekitarnya untuk menjaga privasi.

Peluncuran fitur background dimulai sejak tanggal 28 September 2021. Google bilang kalau fitur ini bakal menjangkau semua pengguna Google Meet (pelanggan Google Workspace, G Suite Basic dan Business) dalam 2 minggu ke depan.

Terakhir, ternyata fitur ini juga sudah tersedia di perangkat iOS lho. Bahkan menurut Android Central, ketersediaannya sudah ada sejak 1 bulan lalu.

Agak mengherankan sih, kok bisa ya, Google malah butuh waktu lama untuk meluncurkan fitur itu ke OS-nya sendiri ketimbang iOS.