Bagaimana Cara Zoom In / Out Di Instagram Story

instagram stories iphone

Kreativitas bisa muncul dari hal sederhana. Misalnya dengan melakukan variasi zoom di video. Nah, bagaimana cara melakukan zoom di Instagram Story? Simak tutorial berikut ini.

Seperti aplikasi untuk memotret atau merekam video lain, Instagram juga punya fungsi zoom. Tapi mungkin tidak semua tahu fungsi itu di Instagram Story. Di samping karena biasanya Story dibuat dengan satu tangan, fiturnya memang cukup “tersembunyi”.

Tapi kalau kamu tahu caranya, kamu bisa membuat video lucu di Story. Apalagi dengan fitur Boomerang atau Rewind, ditambah dengan Face Filter. Seru!

Walau tak terlihat, ternyata cara zoom di Instagram Story sangat mudah. Cukup dengan satu tangan. Bolehlah kita beri pujian buat Instagram untuk solusi ini.

BACA JUGA
Tips Jitu Menghapus Notifikasi Live Instagram yang Mengganggu

Cara Zoom untuk Foto

Yah, kalau yang satu ini saya yakin hampir semua orang sudah tahu. Tapi kalau kamu belum tahu, kamu bisa menggunakan gestur pinch out/in (gerakan membuka dan menutup dengan dua jari alias cubit) untuk melakukan zoom. Setelah menemukan ukuran yang pas, kamu bisa menekan tombol untuk memotret.

cara zoom di instagram story untuk foto

Cara zoom Instagram Story untuk foto

Cara Zoom untuk Video

Nah, cara yang satu inilah yang tersembunyi. Kalau kamu perhatikan, tidak ada tombol atau petunjuk apapun ketika kamu mau merekam video di Story. Dari sisi ini, Instagram Story boleh dibilang punya desain yang buruk. Tapi toh — seperti sudah disebut di atas — solusinya mudah dan cerdas.

Di Mode Normal, Boomerang, dan Rewind

Untuk membuat video, kamu menekan tombol rekam agak lama sampai indikator waktu berjalan. Betul kan? Nah, untuk melakukan zoom in alias memperbesar gambar, geser ke atas jarimu sambil terus menekan layar. Untuk mengembalikan ke posisi semula alias zoom out,  kamu tinggal menggeser jari ke bawah. Tentunya sambil tetap menekan layar.

cara zoom di instagram story untuk video

Cara zoom Instagram Story untuk video

Di Mode Hands-Free

Di mode ini caranya sedikit berbeda. Bagaimanapun ini mode Hands-free. Jadi jari tidak selamanya menempel di layar. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan.

Pertama, untuk zoom sebelum merekam. Di sini, kamu melakukannya seperti memotret. Cubit layar keluar untuk zoom terlebih dulu. Kalau sudah menemukan ukuran gambar yang pas, baru tekan tombol rekam. Instagram Story akan menghitung mundur, lalu mulai merekam di posisi tersebut.

Kedua, untuk zoom saat merekam. Tekan tombol rekam terlebih dahulu dan angkat jari (karena ini mode Hands-free). Nah, ketika kamu mau melakukan zoom in, tekan dan tahan tombol rekam lalu geser ke atas.

BACA JUGA
Yang Perlu Kamu Ketahui Soal Video Chat Instagram

Nah, itulah cara melakukan zoom di Instagram Story. Walau tersembunyi, caranya mudah bukan? Sekarang, waktunya praktek. Coba ganggu temanmu dengan zoom-in zoom-out ekstra dekat ke muka (dari bawah). Dijamin nyebelin.

Ada komentar?